PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PROGRAM ISLAMIC MONTESSORI DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA

Nur Asyiqin Afifah, NIM.: 19104080064 (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PROGRAM ISLAMIC MONTESSORI DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PROGRAM ISLAMIC MONTESSORI DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA)
19104080064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PROGRAM ISLAMIC MONTESSORI DI SD BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA)
19104080064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tujuan pelaksanaan program Islamic Montessori dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris dengan program Islamic Montessori di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Pelaksanaan program Islamic Montessori dilatarbelakangi oleh adanya kurikulum Islamic Cambridge, yaitu program Islamic Montessori sebagai program pendukung dari kurikulum Islamic Cambridge yang menggunakan bilingual dalam pembelajarannya. Karena tidak semua peserta didik memiliki basic berbahasa Inggris, maka diterapkanlah program Islamic Montessori sebagai program pendukung dari kurikulum Islamic Cambridge. Penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan peneliti menggunakan metode dan pendekatan tersebut adalah berupaya untuk memperoleh pemahaman secara mendalam terhadap situasi tertentu dan pemberian makna terhadap yang terlibat, serta hasil penelitian ini berupa deskripsi yang intensif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tujuan pelaksanaan program Islamic Montessori ialah supaya peserta didik mampu mengenal, membaca, melafalkan, dan menulis bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan. 2) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris dengan program Islamic Montessori terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu kelas I berada pada tingkat pink series, kelas II blue series, dan kelas III green series. Sistem pembelajaran pada program ini adalah privat atau one by one, peserta didik praktik Montessori secara mandiri bersama dengan pendidik. Dengan sistem pembelajaran yang mandiri tersebut, maka pendidik juga akan lebih mudah dalam melihat perkembangan kemampuan peserta didik. Hasil belajar peserta didik berupa narasi yang dicantumkan pada rapor mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Saidul Muzakki, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Bahasa Inggris, Program Islamic Montessori
Subjects: Bahasa Inggris
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:06
Last Modified: 05 Jul 2023 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum