PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI BELAJAR ASWAT ‘ARABIYYAH BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI YOGYAKARTA

Fahmi Syaefudin, NIM.: 20204022011 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI BELAJAR ASWAT ‘ARABIYYAH BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI BELAJAR AS{WA>T ‘ARA>>BIYYAH BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI YOGYAKARTA)
20204022011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI BELAJAR AS{WA>T ‘ARA>>BIYYAH BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI YOGYAKARTA)
20204022011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, bahasa Arab menjadi pelajaran wajib di semua tingkatan pendidikan yang berbasis agama Islam, mulai dari sekolah di tingkat dasar sampai pada tingkat perguruan tinggi. Pada Tingkat SMA sederajat banyak siswa mengalami kesulitan mengikuti pembelajaran bahasa Arab dikarenakan kemampuan yang rendah dalam memahami dan membaca teks Arab dan melafalkan bunyi bahasa Arab. Inovasi pengembangan Media pembelajaran Aswat ‘Arabiyyah berbasis aplikasi android menjadi upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengembangan media pemebelajaran berbasis aplikasi android, mengetahui validitas dan efektifitasnya dalam menunjang pembelajaran Bahasa Arab melalui pembelajaran Aswat ‘Arabiyyah di kelas X SMA Muhammadiyah Imogiri. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis Resesarch and Development (R&D) dengan menggunakan fokus model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap penelitian, yaitu; Analisis (Analysis), Desain (Design), Penyajian (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Peneliti mengumpulkan data dengan metode Observasi, Wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan rumus presentase, rumus nilai rata-rata, rumus koefisiensi korelasi dan rumus rata-rata ideal. Peneliti juga menguji kebahasaan data dengan menguji validitas dan efektifitas. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pengembangan yang dilakukan melalui 5 tahapan: Analysis, yaitu menganalisa kebutuhan siswa, dimana siswa memerlukan media pembelajaran untuk menunjang kelangsungan pembelajaran Bahasa Arab. Design, yaitu pembuatan rancangan produk media (storyboard), penyusunan materi, soal dan jawaban, juga pengumpulan background, backsound, gambar, animasi, dan tombol navigasi. Development, yaitu tahap pengembangan produk media dimulai dari pembuatan produk, validasi oleh ahli media dan materi. Implementation, yaitu implementasikan dengan kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Evaluation, yaitu perbandingan hasil pre-test dan post-test baik dari uji coba kelompok terbatas ataupun kelompok besar. Hasil respon siswa terhadap produk media yang dikembangkan pada kelompok kecil yang mencapai 95,62% dan presentase respon siswa di kelas kelompok besar yang mencapai 93% dengan kriteria “Sangat Baik”. Sedangkan hasil penilaian pre-test dan post-test mengalami kenaikan yang signifikan pada kelompok kecil nilai rata-rata 70 menjadi 92,5, pada kelompok besar rata rata 42,73 menjadi 90, Maka hasil nilai tersebut menadapatkan predikat ‘Sangat Baik”. (2) Hasil Uji Validitas produk media pembelajaran Aswat berbasis aplikasi android adalah r-hitung 0,73486 > r-tabel 0,367278 dengan hasil keputusan “Validitas Tinggi”. (3) Hasil Uji Efektifitas produk media pembelajaran Aswat berbasis aplikasi Android adalalah menggunakan rata-rata ideal sebesar 91,86. Jumlah ini berada pada interval 90,00 < X dengan kriteria “Sangat Efektif”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nashiruddin, M.SI, M.Pd
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; Aswat ‘Arabiyyah; aplikasi android
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:13
Last Modified: 06 Jul 2023 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum