PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Muhammad `Izza Mahendra Anharuddin, NIM.: 21204081013 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH)
21204081013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH)
21204081013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rata-rata skor PISA Indonesia sebesar 371 yang jauh dari skor standard rata-rata internasional yaitu 500. Hal tersebut terbukti bahwa banyak peserta didik kelas V di MIN 1 Pekanbaru (1) lebih dari 60% peserta didik memperoleh nilai dibawah KKM yang sudah ditetapkan, (2) lemahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dan (3) banyak peserta didik ketika pembelajaran berlangsung yang asyik main sendiri tidak memperhatikan guru. Maka dari itu dibutuhkan sebuah penunjang untuk memperbaiki langkah-langkah dalam pembelajaran yang dapat menarik perhatian serta dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimen dengan tipe pretest-posttest kontrol group design. Dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. (3) Untuk menghasilkan suatu model pembelajaran yang bisa menarik perhatian, meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V MIN 1 Pekanbaru. Menggunakan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas Vc dan Vb. Pada uji kelayakan instrumen dilakukan oleh 3 dosen ahli dibidangnya, dan diuji coba dilapangan pada peserta didik kelas VI MIN 1 Pekanbaru. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA kelas V MIN 1 Pekanbaru: (1) berpengaruh dan dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitive peserta didik, hal ini mengacu pada uji independent sample t test yang menggunakan program SPSS diperoleh nilai hasil belajar peserta didik Sig. (2-tailed) yaitu sejumlah 0,000 < 0.05. (2) berpengaruh dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, hal ini mengacu pada uji independent sample t test yang menggunakan program SPSS diperoleh nilai hasil belajar peserta didik Sig. (2-tailed) yaitu sejumlah 0,000 < 0.05. (3) Model pembelajaran problem based learning dinyatakan sangat layak serta dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V MIN 1 Pekanbaru. Kelayakan ini berdasarkan penilaian dari 3 dosen ahli dengan predikat “layak”, melihat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitive peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 41,5 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 3,6, melihat peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 47,4 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 4, dan ketika pembelajaran berlangsung guru pengampu pembelajaran IPA kelas V MIN 1 Pekanbaru mengatakan “hampir semua peserta didik lebih aktif dan memperhatikan, serta tidak sedikit yang bertanya dan ingin mencoba”. Sehingga model pembelajaran problem based learning dapat digunakan sebagai alternatif dalam kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: problem based learning; hasil belajar; berpikir kritis; IPA
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:20
Last Modified: 10 Jul 2023 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59675

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum