EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KARTU KUARTET MATERI MAKANAN KHAS MELAYU RIAU DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Tia Dita Putri Latifa Yuwono, NIM.: 21204081043 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KARTU KUARTET MATERI MAKANAN KHAS MELAYU RIAU DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KARTU KUARTET MATERI MAKANAN KHAS MELAYU RIAU DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR)
21204081043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KARTU KUARTET MATERI MAKANAN KHAS MELAYU RIAU DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR)
21204081043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan literasi membaca akan membantu siswa dalam pembelajaran. Pengembangan kemampuan literasi membaca dapat melalui media pembelajaran. Namun, pada mata pelajaran Budaya Melayu Riau kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhaturrahmah Pekanbaru media pembelajaran yang digunakan masih minim dan kurang bervariasi serta belum dapat menunjang untuk pengembangan literasi membaca siswa. Kondisi ini membuat perlu adanya media pembelajaran yang menarik yang dapat membantu guru menyampaikan materi juga membantu siswa dalam belajar dan mengembangkan literasi membaca. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan kartu kuartet materi makanan khas Melayu Riau dalam mengembangkan literasi membaca. (2) Mengetahui kelayakan kartu kuartet materi makanan khas Melayu Riau dalam mengembangkan literasi membaca (3) Mengetahui efektivitas kartu kuartet materi makanan khas Melayu Riau dalam mengembangkan literasi membaca siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods jenis eksploratoris sekuensial. Data kualitatif terlebih dahulu dikumpulkan kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data kuantitatif. Data kualitatif didapatkan melalui tahap pengembangan yakni hasil penilaian ahli media, ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa sedangkan data kuantitatif didapatkan melalui hasil pre-test dan post-test pada tahap penerapan menggunakan desain quasi-experiment jenis non-equivalent control group desain. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhaturrahmah Pekanbaru pada kelas V dengan 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kartu kuartet yang dikembangkan mengadaptasi metode penelitian research and development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). (2) kartu kuartet materi makanan khas Melayu Riau layak digunakan dalam pembelajaran Budaya Melayu Riau dilihat dari hasil validasi media mendapatkan skor 88,7% (sangat baik), validasi materi mendapatkan skor 96,8% (sangat baik), respon guru dan siswa yang sangat baik. (3) Kartu kuartet materi makanan khas Melayu Riau efektif dalam mengembangkan literasi membaca siswa dilihat dari hasil uji Mann-Whitney menggunakan JASP 0.16.1 yang mendapatkan sig < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima dan perolehan N-gain score kelas eksperimen termasuk kategori tinggi. Kartu kuartet materi makanan khas Melayu Riau dapat menjadi media pembelajaran sekaligus media untuk mengembangkan literasi membaca siswa yang akan berdampak pada proses dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sigit Purnama, S. Pd. I., M. Pd
Uncontrolled Keywords: efektivitas kartu kuartet; materi makanan Khas Melayu Riau; literasi membaca
Subjects: Literasi Informasi
Perpustakaan > Minat Baca
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2023 10:31
Last Modified: 10 Jul 2023 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59700

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum