PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH PONTREN IMAM SYUHODO SUKOHARJO

Nabilah Amaliyah Iqbal, NIM.: 21204091003 (2023) PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH PONTREN IMAM SYUHODO SUKOHARJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH PONTREN IMAM SYUHODO SUKOHARJO)
21204091003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATKAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH PONTREN IMAM SYUHODO SUKOHARJO)
21204091003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga pendidikan dituntut mampu mengembangkan sistem informasi manajemen untuk peningkatan mutu layanan pendidikan. Permasalahan yang tersirat keberlangsungan dalam penerapan sistem informasi manajemen saat ini tidak teramampil pengoprasian IT dan kewalahan dalam pelaksanaan sistem informasi manajemen. Tujuan Penelitian ini untuk: 1) untuk mengetahui baagaimana penerapan sistem informasi manajemen dalam peningkatan mutu layanan pendidikan di SMK Muhammadiyah Pontren Imam Syuhodo Sukoharjo. 2) untuk mengetahui dampak penerapan sistem informasi manajemen dalam peningkatan mutu layanan pendidikan di SMK Muhammadiyah Pontren Imam Syuhodo Sukoharjo. 3) untuk mengetahui upaya mengatasi kendala penerapan sistem informasi manajemen dalam peningkatan mutu layanan Pendidikan di SMK Muhammadiyah Pontren Imam Syuhodo Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan fokus objek penelitian pada penerapan sistem informasi manajemen dalam peningkatan mutu layanan pendidikan di SMK Muhammadiyah Pontren Imam Syuho Sukoharjo. Teknik pengambilan data menggunakan purposive dan snowball sampling berdasarkan 3M yaitu, mengetahui, memahami, dan mengalami. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawacara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah transcript, coding, grouping, comparing, contrasting. Teknik keabsahan data yang gunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama penerapan sistem informasi manajemen dalam peningkatan mutu layanan pendidikan di SMK Muhammadiyah Pontren Imam Syuhodo Sukoharjo yaitu Dapodik, Takola, Sipintar, Arkas, fingerprint, website, e-Rapor. Penerapan sistem informasi manajemen tentunya ada kendala namun dapat dikendalikan dengan kerjasama oleh operator dan tenaga pengajar. Selain itu ditunjang dengan fasilitas sarana prasarana yang mendukung. Kedua dampak penerapan sistem informasi manajemen dalam peningkatan layanan mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah Pontren Imam Syuhodo Sukoharjo yaitu Dapodik mudahkan pengelolaan data siswa dan tega pendidik. Takola transparansi dalam pengelolaan dana bos dan mencegah gratifikasi. Sipintar memudahkan mendapatkan informasi beasiswa. Arkas memudahkan dalam pengajuan dan pelaporan dana. Fingerprint memudahkan dalam pengambilan keputusan terkait dengan kinerja guru Website memudahkan mendapatkan informasi akademik dan ekstrakulikuler. e-Rapor memudahkan siswa dan orang tua melihat nilai siswa, memudahkan guru dan operator dalam pengelolaan nilai setiap akhir semester. Ketiga Upaya dalam mengatasi hambatan penerapan sistem informasi manajemen yaitu, pengadaan hardware, memberikan pelatihan IT, pengawasan, menyusun visi bersama, menciptakan komunikasi yang harmoni, memfasilitasi kebutuhan pelaksanaan SIM. Impilikasi dari Upaya yang dilakukan memberikan efisiensi dalam penerapan sistem informasi manajemen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sumedi., M.Ag
Uncontrolled Keywords: sistem informasi manajemen; layanan pendidikan; mutu layanan pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2023 10:34
Last Modified: 10 Jul 2023 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum