PENGARUH PENGETAHUAN, BUDAYA, DAN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN SANTRI GENERASI Z MEMBUKA REKENING BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Dira Arum Cahyanudin, NIM.: 19108020107 (2023) PENGARUH PENGETAHUAN, BUDAYA, DAN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN SANTRI GENERASI Z MEMBUKA REKENING BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGETAHUAN, BUDAYA, DAN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN SANTRI GENERASI Z MEMBUKA REKENING BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
19108020107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGETAHUAN, BUDAYA, DAN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN SANTRI GENERASI Z MEMBUKA REKENING BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
19108020107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan apakah variabel pengetahuan, budaya dan marketing mix memiliki pengaruh terhadap keputusan santri generasi Z membuka rekening bank syariah dan apakah religiusitas memoderasi pengetahuan dan budaya terhadap keputusan santri generasi Z membuka rekening bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil sebar kuesioner (angket). Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 128 santri nasabah pengguna layanan bank syariah yang tersebar di wilayah Yogyakarta dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan bantuan alat statistik SmartPLS versi 3 untuk kemudian dianalisis dengan beberapa tahap meliputi: Outer Model (uji validitas, asumsi klasik, dan reliabilitas), Inner model (uji determinasi R2 dan uji hipotesis), serta MSEM (Moderating Structural Equation Modeling). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis test pada penelitian ini, peneliti menemukan hasil bahwa pengetahuan, religiusitas, produk, harga, lokasi, people, dan proses tidak berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan santri generasi Z membuka rekening bank syariah dengan masing-masing memperoleh nilai P value > 0,05. Sedangkan variabel budaya, promosi, dan bukti fisik berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan santri generasi Z dengan diperoleh P value sebesar < 0,05. Selain itu, pada uji moderasi (MSEM) menunjukkan bahwa religiusitas mampu memperkuat pengaruh pengetahuan terhadap keputusan santri generasi Z membuka rekening bank syariah dengan T statistik 2,054 > 1,96 maka status moderasinya adalah (pure moderasi). Religiusitas tidak memoderasi atau memperlemah pengaruh budaya terhadap keputusan santri generasi Z membuka rekening bank syariah dengan nilai original sample bertanda negatif -0,238 maka status moderasinya adalah (prediktor moderasi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hasan Al Banna, SEI., M.E.
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Budaya, Marketing Mix, Religiusitas, Keputusan, Santri Generasi Z.
Subjects: Bank dan Perbankan
Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Jul 2023 13:47
Last Modified: 24 Jul 2023 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59990

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum