PENGARUH PERBEDAAN WARNA CAHAYA LAMPU TERHADAP HASlL FOTOSINTESIS Hydrilla verticillata Royle SEBAGAI ALTERNATlF SUMBER BELAJAR BIOLOGI Dl MADRASAH TSANAWIYAH

Dony Eko Saputro, NIM.: 00450343 (2006) PENGARUH PERBEDAAN WARNA CAHAYA LAMPU TERHADAP HASlL FOTOSINTESIS Hydrilla verticillata Royle SEBAGAI ALTERNATlF SUMBER BELAJAR BIOLOGI Dl MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERBEDAAN WARNA CABA YA LAMPU TERHADAP HASlL FOTOSINTESIS Hydrilla verticillata Royle SEBAGAI ALTERNATlF SOMBER BELAJAR BIOLOGl Dl MADltASAH TSANA WIY AH)
00450343_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERBEDAAN WARNA CABA YA LAMPU TERHADAP HASlL FOTOSINTESIS Hydrilla verticillata Royle SEBAGAI ALTERNATlF SOMBER BELAJAR BIOLOGl Dl MADltASAH TSANA WIY AH)
00450343_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan wama cahaya lampu terbadap hasil fotosintesis Hydrilla verticillata Royle. Berkaitan dengan pendidikan, tujmm penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya basil penelitian ini dijadikan sebagai sumber belajar biologi ba.gi siswa Madrasah Tsanawiyah. Penelit1an ini di]aksanakan di laboratorium biologi Jurusan Tadr:is MIPA Fakultas Tarbfyah lJIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sampel penelitian adalah tanaman air jenis Hydrilla verticillata Royle yang diambil secara acak. Data yang didapatkan dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan ana1isis varian. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Jm1i 2005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber cahaya lampu dapat digunakan sebagai pengganti cahaya matahari dalam membantu tanaman air Hydrilla verticillata Royle melakukan proses fotosintesis. Dari berbagai macam warna cahaya lampu yang digunakan, lampu dengan cahaya berwama merah memptmyai pengarnh yang lebih besar daripada wama kuning, hijau dan biru. Hal ini diumjukkan dengan banyaknya jumlah gelembung udara yang muncuI dari setiap perlakuan. Jumlah gelembung udara yang muncul pada setiap perlakuan dengan sumber cahaya lampu, lebih kecil dibandingkan dengan sumber calla.ya rnatahari yang digunakan sebagai kontrol. Hasil penelitian :ini berupa proses dan produk yang dapat digunaka sebagai altematif smnber belajar Biologi di Madrasah Tsanawiyah kelas VIII semester I pada pokok materi fotosintes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Arifah Khusnuryani, M. Si
Uncontrolled Keywords: Fotosintesis, Proses Belajar, Sumber Belajar Biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 14:41
Last Modified: 15 Sep 2023 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum