PERAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS Vlll MTsN WONOKROMO PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SUB KONSEP SISTEM INDERA PADA MANUSIA

Mardliyah, NIM.: 00450457 (2005) PERAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS Vlll MTsN WONOKROMO PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SUB KONSEP SISTEM INDERA PADA MANUSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENINGKATAN MOTIV ASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS Vlll MTsN WONOKROMO PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SUB KONSEP SISTEM INDERA PADA MANUSIA)
00450457_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN MEDIA KOMIK TERHADAP PENINGKATAN MOTIV ASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS Vlll MTsN WONOKROMO PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SUB KONSEP SISTEM INDERA PADA MANUSIA)
00450457_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di MTsN Wonokromo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media komik dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIIJ MTsN Wonokromo pada mata pelajaran IPA Biologi pada subkonsep sistem indera pada manusia. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimental. Sampel penebtian ini adalah siswa kelas Vlll A dan VIII D dimana VIII A sebagai kelas kontrol sedangkan VIII D sebagai kelas eksperimen. Kelaskontrol mendapat pengajaran tanpa media komik (buku paket) dan kelas eksperimen menggunakan media komik. Pengambilan data dilakukan dengan cara tes dan non tes. Cara tes yaitu melalui pre-test dan post-test sebagai pengukur prestasi belajar siswa, sedangkan non test dalam bentuk angket guna mengukur aspek afektif (motivasi). Hasil belajar dari kedua kelompok kelas tersebut, ternyata kelas eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dalam hal motivasi dan prestasi belajar dibanding kelas kontrol. Kelas eksperimen mempunyai skor motivasi akhir dalam kategori sering dan rerata prestasi belajar 67,85, sedangkan kelompok kontrol memiliki rerata motivasi akhir dalam kategori jarnng dan rerata prestasi belajar 62,26. Berdasarkan hasil penelitian ini, pembelajaran dengan media komik berperan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi bclajar siswa kelas VIII MTsN Wonokromo pada mata pelajaran IP/\ Biologi subkonsep sistem indern pada manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Paidi, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar Mengajar, Guru, Sumber Belajar
Subjects: Biologi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 15:11
Last Modified: 11 Sep 2023 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum