PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU TEKS PELAJARAN PADA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENAJAR SISWA KELAS II SMA N 10 YOYAKARTA

Hanafi, NIM.: 02141181 (2006) PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU TEKS PELAJARAN PADA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENAJAR SISWA KELAS II SMA N 10 YOYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU TEKS PELAJARAN PADA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENAJAR SISWA KELAS II SMA N 10 YOYAKARTA)
02141181_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU TEKS PELAJARAN PADA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MENAJAR SISWA KELAS II SMA N 10 YOYAKARTA)
02141181_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (42MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Koleksi Buku Teks Pelajaran Pada Perpustakaan Sekolah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Siswa kelas II SMA N 10 Yogyakarta yang menitikberatkan pada frekuensi pemanfaatan, alasan pemanfaatan, koleksi buku teks mata pelajaran apa yang paling banyak dimanfaatkan, faktor penunjang dan penghambat pemanfaatannya, Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yaitu siswa kelas II SMA N 10 Yogyakarta, yang berjumlah 157 siswa. Adapun tempat penelitian di perpustakaan SMA N 10 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diketahui: Tingkat pemanfaatan buku teks pelajaran pada perpustakaan sekolah: 42,67% responden mendapatkan buku teks pelajaran dengan meminjam perpustakaan, 46,49% membeli sendiri, 6,36% meminjam teman dan 4,45% bekas dari kakak. Namun frekuensi waktu kunjungan, jumlah buku yang dipinjam masih kurang. Alasan siswa menggunakan koleksi buku teks pelajaran pada perpustakaan sekolah: 77,07% responden menyatakan sangat penting, 21,01% responden menyatakan penting, 0,63% responden menyatakan kurang penting dan 1,27% menyatakan tidak penting akan keberadaan buku teks pelajaran di perpustakaan. Tujuan menggunakan buku teks pelajaran pada perpustakaan sekolah 52,22% responden menyatakan untuk mengerjakan tugas, 4,45% responden menyatakan untuk merangkum, 38,21% responden untuk presentasi dan 5,09% responden menyatakan untuk menghadapi ujian. Responden menyatakan mendapatkan sumber belajar. Sedangkan koleksi buku teks pelajaran yang sering dimanfaatkan baik dipinjam maupun dibaca yaitu buku teks pelajaran biologi untuk program IPA dan buku pelajaran sejarah untuk program IPS. Mengingat pentingnya buku teks pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar, maka pihak sekolah harus meningkatkan faktor penunjang dan meminimalisir faktor penghambat pemanfaatan buku teks pelajaran pada perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Buku Pelajaran, Perpustakaan Sekolah, Keiatan Belajar Mengajar
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 15 Sep 2023 16:03
Last Modified: 15 Sep 2023 16:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60273

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum