PEMANFAATAN DEDAK PADI UNTUK PEMBUATAN ASAM FOSFAT (Tinjauaan Pendidikan Terhadap Media Pembelajaran Kimia)

Raden Shidiq Premono, NIM.: 00440283 (2005) PEMANFAATAN DEDAK PADI UNTUK PEMBUATAN ASAM FOSFAT (Tinjauaan Pendidikan Terhadap Media Pembelajaran Kimia). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN DEDAK PADI UNTUK PEMBUATAN ASAM FOSFAT (Tinjauaan Pendidikan Terhadap Media Pembelajaran Kimia))
00440283_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN DEDAK PADI UNTUK PEMBUATAN ASAM FOSFAT (Tinjauaan Pendidikan Terhadap Media Pembelajaran Kimia))
00440283_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dedak padi ( (Oryza Saliva) dapat dibuat menjadi asam fosfat. Selain itu juga ingin mengetahui pengaruh konsentrasi asam sulfat dan waktu reaksi terhadap kadar asam fosfat (tinjauan kimia) dan tinjauan pendidikan tentang media pembelajaran kimia di SMU/MA terhadap analisis hasil pembuatan asam fosfat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis datanya menggunakan pola rancangan acak Iengkap (RAL). Perlakuan yang dilakukan terdiri atas 3 macam variasi konsentrasi asam sulfat yaitu 65%, 70%, dan 75%. Sedangkan untuk waktu reaksi terdiri dari 2 macam yaitu 30 menit dan 60 menit. Masing-masing sampel dilakukan ulangan sebanyak 3 kali. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varian dua arah dan jika menunjukkan beda nyata dilanjutkan uji lanjut Tukey dengan tingkat ko 1fidensi 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dedak padi dapat dibuat menjadi asam fosfat. Untuk membuktikan dilakukan dua uji kualitatif yaitu dengan penambahan reagensia ammonium molibdat dan larutan besi (III) klorida yang keduanya memberikan hasil positif Konsentrasi asam sulfat dan waktu reaksi yang diberikan mempengaruhi perolehan kadar asam fosfat. Selanjutnya hasil analisis varian dua arah menunjukkan beda nyata terhadap setiap perlakuan dengan taraf signifikansi 0,05 dengan demikian dilakukan uji lanjut Tukey. Saat konsentrasi asam sulfat sebesar 70% dengan waktu reaksi 60 menit adalah kondisi dimana kadar asam fosfat mencapai maksimum yaitu sebesar I 5,249%, karena saat waktu reaksi 90 men it dengan konsentrasi asam sulfat yang sama kadar asam fosfatnya turun menjadi 8,579%. Analisis hasil pembuatan asam fosfat dapat dijadikan media pembelajaran kimia di SMU/MA kelas 2 semester I dalam menjelaskan materi pokok tentang titrasi asam basa melalui praktikum di laboratorium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fci!.:, S.Pd.
Uncontrolled Keywords: asam fosfat; fosfor; media pembelajaran; dedak padi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Sep 2023 11:57
Last Modified: 13 Sep 2023 11:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum