KONTRIBUSI UMAR AL-KHAYYAM DALAM ALJABAR (PENYELESAIAN PERSARNAAN KUBIK BENTUK X3 + AX=B MENURUT UMAR AL-KHAYYAM)

Nurul Hidayatul Lailin, NIM.: 01430777 (2006) KONTRIBUSI UMAR AL-KHAYYAM DALAM ALJABAR (PENYELESAIAN PERSARNAAN KUBIK BENTUK X3 + AX=B MENURUT UMAR AL-KHAYYAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI UMAR AL-KHAYYAM DALAM ALJABAR (PENYELESAIAN PERSARNAAN KUBIK BENTUK X3 + AX=B MENURUT UMAR AL-KHAYYAM))
01430777_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI UMAR AL-KHAYYAM DALAM ALJABAR (PENYELESAIAN PERSARNAAN KUBIK BENTUK X3 + AX=B MENURUT UMAR AL-KHAYYAM))
01430777_FBAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA rev.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu sebab kemajuan peradaban Islam periode klasik adalah berkembangnya ilmu pcngetahuan pada saat itu. Perkembangan ilmu pengetahuan tidak lepas dari peran para ilmuwan muslim periode klasik. Salah satu ilmuwan muslim periode klasik adalah Umar al-Khayyam. Umar al-Khayyam adalah salah satu tokoh universal yang mengua3ai berbagai bidang ilmu sekaligus. Di bidang matematika Umar al-Khayyam mempunyai kontribllsi yang besar khususnya pada aljabar. Aljabar L'mar al-Khayyam lebih mengutainakan masalah persamaan kubik. Tujuan penelitian ini ad1.lah untuk mengetahui kontribusi Umar al­Khayyan1 dalam aljabar dan mengetahui prosedur penyelesaian persamaan kubik bentuk x3 +ax = b menurut Umar al-Khayyam Penelitian ini mer,gguna kan pendekatan sejarah terutama sejarah sosial dan intelektual.untuk dapat mendcskripsikan hasil penelitian, diperlukan metode dokumentasi berupa karya ata.u referensi yang berkaitan dengan Umar al­KJmyyam. Setelah data terkurnpul dilakukan analisis data secara deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penehtian, diketahui bahwa Umar al-Khayyam telah melakukan pengklasifi.kasian terhatlap persamaan bilangan pangkat dari satu sampai tifa menjadi 2.5 bentuk per:,amaan. Adapun penyelesaian persamaan kubik bentuk x + ax = b menurut U mar al-Khayyam adalah secara geometri dengan menggunakan bagian kerucut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muqowim, M.Ag dan Dra. Endang Sulistyowati
Uncontrolled Keywords: Al-jabar, Umar al-Khayyam, Kerucut
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:09
Last Modified: 27 Sep 2023 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60457

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum