IDENTIFIKASI TINGKAT KETERLAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA MATER! POKOK PENGELOMPOKKAN MAKHLUK HIDUP (STUDI KASUS DI MTS SA'ADATUDDARAIN JAKARTA)

Nida Daulati, NIM.: 02451345 (2007) IDENTIFIKASI TINGKAT KETERLAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA MATER! POKOK PENGELOMPOKKAN MAKHLUK HIDUP (STUDI KASUS DI MTS SA'ADATUDDARAIN JAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI TINGKAT KETERLAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA MATER! POKOK PENGELOMPOKKAN MAKHLUK HIDUP (STUDI KASUS DI MTS SA'ADATUDDARAIN JAKARTA))
02451345_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI TINGKAT KETERLAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA MATER! POKOK PENGELOMPOKKAN MAKHLUK HIDUP (STUDI KASUS DI MTS SA'ADATUDDARAIN JAKARTA))
02451345_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan proses pembelajaran Biologi berdasarkan KBK; mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi KBK dalam proses pembelajaran; mengetahui peningkatan kompetensi yang dicapai siswa setelah pembelajaran Biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 November sampai 2 Desember 2006 di MTs Saadatuddarain Jakarta kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran Biologi berdasarkan KBK di kelas VII MTs Saadatuddarain Jakarta pada materi pokok "Pengelompokkan Makhluk Hidup" termasuk dalam kriteria cukup baik dan karakteristik KBK muncul secara bervariasi. Faktor pendukung kelancaran pembelajaran tersebut yaitu pengetahuan dan pengalaman guru tentang KBK serta kemampuan guru dalam mencipatakan desain pembelajaran, pengetahuan siswa tentang pengelompokkan makhluk hidup, adanya alat dan media pembelajaran, Faktor yang menghambat yaitu kurangnya katersediaan waktu dan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar yang kurang maksimal. Secara umum daya dukung cukup tersedia. Dilihat dari ketuntasan belajar semua kelas telah mencapai ketuntasan belajar individual (siswa telah mencapai daya serap 60% atau skor 6,5) dan klasikal (2:: 85% siswa telah mencap ai daya serap 60%). Pada proses diskusi, siswa dominan dalam bertanya dan menanggapi daripada berpendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suhardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Biologi, Kurikulum, Kompetensi
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2023 11:31
Last Modified: 22 Sep 2023 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum