EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA FLOW CHART DAN HIDDEN CHARTDALAM PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Rasmiyati, NIM.: 02461160 (2007) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA FLOW CHART DAN HIDDEN CHARTDALAM PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA FLOW CHART DAN HIDDEN CHARTDALAM PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA)
02461160_BAB I_BAB V _DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA FLOW CHART DAN HIDDEN CHARTDALAM PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWAEFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA FLOW CHART DAN HIDDEN CHARTDALAM PEMBELAJARAN FISIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR S)
02461160_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media Flow Chart dan Hidden Chart dalam pembelajaran dalam rangka meningkatkan prestasi belajar fisika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan rancangan model siklus dari Kemmis dan Taggart (1988) melalui empat tahapan, yaitu (1) perencanaan (Plan), (2) pelaksanaan tindakan (act), (3) observasi (observe) dan (4) refleksi (Reflect). Objek penelitian adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah 35 orang siswa pada semester genap tahun ajaran 2006/2007 di SMP PIRI Ngaglik Sleman Y ogyakarta. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi langsung selama pembelajaran. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kualititatif. Analisis hasil belajar siswa dilihat dari keberhasilan menjawab LKS dan gain standarisasi yang diperoleh siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media flow chart dan hidden chart dalam pembelajaran fisika sub pokok bahasan pemantulan cahaya efektif untuk diterapkan pada siswa kelas VIII D SMP PIRI Ngaglik Sleman Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2006/2007 untuk menunjang metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Hal ini ditunjukan dengan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa yang ditinjau dari aspek kognitif siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup baik setelah mengikuti pembelajaran dengan media flow chart dan hidden chart setelah melalui dua siklus. Nilai rata-rata pretest yang diperoleh mengalami peningkatan berturut-turut yaitu pada siklus I nilai rata-ratanya 2,23, pada siklus II nilai rata-ratanya 2,68, begitu pula nilai rata-rata postest yang mengalami peningkatan berturut-turut yaitu pada siklus I nilai rata-ratanya 6,5, pada siklus II nilai rata-ratanya 8,15. Begiu juga dengan kemampuan siswa menjawab LKS dengan benar pada siklus I mencapai 65,70 %. Pada siklus II kemampuan siswa menjawab LKS dengan benar sebesar 81.10%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Murtono, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fisika, Media Pembelajaran, Flow Chart dan Hidden Chart, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Sep 2023 13:06
Last Modified: 22 Sep 2023 13:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60529

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum