PENENTUAN KADAR GULA DALAM LEGEN KELAPA YANG BERASAL DARI PENDERES DI DESA JATILUHUR KABUP ATEN KEBUMEN SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA / MA

Moch. Mutadilil Najachi, NIM.: 00440238 (2006) PENENTUAN KADAR GULA DALAM LEGEN KELAPA YANG BERASAL DARI PENDERES DI DESA JATILUHUR KABUP ATEN KEBUMEN SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA / MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENENTUAN KADAR GULA DALAM LEGEN KELAPA YANG BERASAL DARI PENDERES DI DESA JATILUHUR KABUP ATEN KEBUMEN SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA / MA)
00440238_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENENTUAN KADAR GULA DALAM LEGEN KELAPA YANG BERASAL DARI PENDERES DI DESA JATILUHUR KABUP ATEN KEBUMEN SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA / MA)
00440238_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gula sukrosa dapat diperoleh dari legen kelapa segar, dan juga untuk mengetahui pengaruh waktu penyimpanan legen kelapa segar secara tinjauan kimia terhadap kadar gula sukrosa. Tinjauan pendidikan sebagai sumber belajar kimia di SMA / MA. Penelitian ini mengg1makan metode eksperimen, sebagai populasinya adalah legen kelapa yang berasal dari penderes di Desa Jatiluhur Kabupaten Kebumen. Sedangkan sampelnya adalah legen kelapa yang kondisinya masih segar, dengan variabel yang digunakan adalah waktu penyimpanan O hari, 1 hari, 2 hari, 3 hari, 4 hari, 5 hari dari proses penyadapan langsung tanarnan kelapa. Masing-masing sampel dilakukan ulangan sebanyak 5 kali. Analisis yang dilakukan adalah analisis kualitatifyang meliputi uji Molish, uji ]odium, uji Benedict, uji Barfoed, uji Selliwanojf, uji Organoleptis, dan analisis kuantitatif dengan metode Titrasi lodometri. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis varian satu arah ( One W cy ANA VA), jika menunjukkan beda nyata dilanjutkan dengan uji 1'ukey dengan tingkat konfidensi 95%. Hasil analisis kuahtatif menunjukkan bahwa pada legen kelapa segar mengandung gula sukrosa. Uji organoleptis menunjukkan adanya perubahan rasa dari manis sekali menjadi semakin asam. Hasil analisis kuantitatif dari penderes I denga..11 waktu penyimpanan antara 0,1,2,3,4,5 hari sebesar 21,26%, 17,73%, 15,83%, 14,30%, 11,59%, 8,13%, dan yang berasal dari penderes 11 dengan waktu penyimpanan antara 0,1,2,3,4,5 hari sebesar 22,48%, 17,88%, 17,59%, 15,71%, 12,18%, 8,47%. Waktu penyimpanan O hari adalah kondisi dimana kadar gula sukrosa mencapai maksimum yaitu 21,26% dan 22,48%, sehingga membuktikan bahwa semakin lama waktu penyimpanan kadar gula sukrosa yang dihasilkan akan semakin sedikit. Selanjutkan hasil analisis varian satu arah menunjukkan bahwa waktu penyimpanan legen kelapa segar berpengaruh nyata (Frntung (30,127) > Ftabel (2,386) pada taraf 5%) terhadap perolehan kadar gula sukrosa, dengan demikian dilanjutkan dengan uji Tukey yang hasilnya terlihat bahwa rata-rata kadar gula sukrosa menunjukkan perbedaan yang nyata terhadap waktu penyimpanan legen kelapa segar. Berdasarkan kajian secara teoritis, hasil penelitian ini berpotensi sebagai sumber belajar kimia di Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah kelas XII semester 2. Materi Pokok Makromolekul, pada uraian tentang Karbohidrat, sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Sumber belajar yang disajikan dalarn proses belajar. mengajar berupa metode eksperimen yang dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Eddy Sulistyowati, Apl.M.S.
Uncontrolled Keywords: sumber belajar; polisakarida; legen kelapa; gula invert
Subjects: Kimia > Kimia Analitis
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Sep 2023 14:36
Last Modified: 25 Sep 2023 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60587

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum