EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS XI SMA DIPONEGORO LEBAKSIU TEGAL JAW A TENGAH TAHUN AJARAN 2006 / 2007

Agus Abdul Mu'thi, NIM.: 00440182 (2007) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS XI SMA DIPONEGORO LEBAKSIU TEGAL JAW A TENGAH TAHUN AJARAN 2006 / 2007. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS XI SMA DIPONEGORO LEBAKSIU TEGAL JAW A TENGAH TAHUN AJARAN 2006 / 2007)
00440182_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS XI SMA DIPONEGORO LEBAKSIU TEGAL JAW A TENGAH TAHUN AJARAN 2006 / 2007)
00440182_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnengetabui tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran serta proses dan tingkat keberbasilan pelaksanaan pernbelajaran kimia di kelas XI SMA Diponegoro Lebaksiu Tega!, Jawa Tengab. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) adapun metode yang digunakan dalam rnengumpulkan data adalab : 1) metode dokumentasi, metode ini digunakan untuk mernperoleb data tentang jumlab siswa dan nilai rapot dengan earn melihat pada dokumen sekolab . 2) observasi, metode digunakan untuk mengamati proses pelaksanaan pembelajaran kimia di kelas XI SMA Diponegoro Lebaksiu Tega! dengan earn mengikuti proses pelaksanaan pembelajaran di kelas 3) interview, metode ini digunakan untuk segala sesuatu eivitas di kelas XI SMA Diponegoro Lebaksiu Tega! dengan eara bertanya kepada kepala sekolah, guru bidang studi dan siswa. 4) angkct, mctodc ini digunakan untuk mengetahui pendapat siswa tentang dirinya dan pendapatnya tentang guru dan sarnna dan prasarnna yang ada di SMA Diponegoro Lebaksiu Tega! dengan eara rnemberikan bebernpa pertanyaan kepada siswa. Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif dan kuantitatif non-statistik, dalarn analisa kualitatif digunakan earn deskriptif yaitu rnendiskripsikan data dari basil dokurnentasi, observasi, interview, dan angket selanjutnya data yang terkurnpul di proses dan disusun dengan memberikan penjelasan berdasarkan data yang ada, kemudian dianalisa berdasarkan realitas serta membentuk sebuah kesimpulan. Pada analisa kuantitatif digunakan hasil angket dan nilai raport siswa yaitu mcngolahnya dcngan mcnggunakan statistik sederhana dcngan menggunakan rumus distribusi frckucnsi rcialif scrla rumus rnencari mean untuk mengetahui scberapa besar tingkat kebcrhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini rnenunjukkan bahwa proses pembelajaran kimia di kelas XI SMA Diponegoro Lebaksiu Tega!, Jawa Tengah berjalan dengan baik, hal ini diketahui dari hasil Observasi dan interview. Berdasarkan hasil angket diketabui babwa pelaksanaan pernbelajaran kirnia di kelas XI SMA Diponegoro Lebaksiu Tegal, Jawa Tengah berjalan dengan efektif. Tingkat keberbasilan pelaksanaan pernbelajarnn di kelas XI SMA Diponegoro Lebaksiu Tegal, Jawa Tengah berhasil baik yaitu 72 basil ini berdasarkan dokurnentasi yaitu nilai raport s1swa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fatonah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kimia; guru kimia
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Sep 2023 15:31
Last Modified: 25 Sep 2023 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60591

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum