MINAT BACA BUKU AJAR DAN KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TERAPAN MATEMATIKA PADA SISW A KELAS VII SL TP MUHAMMADY AH 2 YOGY AKARTA T AHUN PELAJARAN 2004/2005

Maftuhah Azminati, NIM.: 00430418 (2005) MINAT BACA BUKU AJAR DAN KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TERAPAN MATEMATIKA PADA SISW A KELAS VII SL TP MUHAMMADY AH 2 YOGY AKARTA T AHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MINAT BACA BUKU AJAR DAN KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TERAPAN MATEMATIKA PADA SISW A KELAS VII SL TP MUHAMMADY AH 2 YOGY AKARTA T AHUN PELAJARAN 2004/2005)
00430418_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MINAT BACA BUKU AJAR DAN KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TERAPAN MATEMATIKA PADA SISW A KELAS VII SL TP MUHAMMADY AH 2 YOGY AKARTA T AHUN PELAJARAN 2004/2005)
00430418_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa minat baca buku ajar dan kemampuan berhitung berpengaruh dalam menyelesaikan soal-soal terapan matematika pada siswa kelas VII SL TP Muhammadiyaah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2004 / 2005. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005, sebanyak 229 siswa. Sampel da!am penelitian ini berjumlah 78 siswa yang diambil secara cluster random samolimr. - Teknik -pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 instrumen yaitu angket minat baca buku ajar matematika, dengan koefisien reliabilitas 0,934 instrumen tes kemampuan berhitung, dengan koefisien reliabilitas 0,800: dan instrumen tes kemampuan soal-soa! terapan matematika. dengan koefisien reliabilitas 0,799. Hasil penelitian ini menununjukkan bahwa, (1) minat baca buku ajar rnaternatika berpengaruh dalarn menyelesaikan soal-soal terapan rnatematika pada siswa kelas Vll SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2004 / 2005, dengan koefisien korelasi ( r1) sebesar 0,854 dan koefisien determinasi sebesar 0,729. (2) kemampuan berhitung berpengaruh dalam menyelesaikan soal-soal terapan matematika pada siswa kelas VII SL TP Muhammadiyah 2 Y ogyakarta tahun pelajaran 2004 / 2005, dengan koefisien korelasi ( r2 ) sebesar 0,7 l 8 dan koefisien detenninasi sebesar 0,516. (3) minat baca buku ajar matematika dan kemampuan berhitung secara bersama-sama berpengaruh dalam menyelesaikan soal-soal terapan matematirka pada siswa kelas VII SL TP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2004 / 2005, dengan koefisen korelasi ( r1 2 ) sebesar ,, 0.870 dan koefisien detenninasi ,(r2) sebesar , 0.757. Dengan melihat koefisien determinasi diatas dapat dikatakan bahwa masih ada faktor-faktor lain seperti kecerdasan, motivasi, lingkungan belajar, cara mengajar guru dan sebagainya yang memberi sumbangan dalam menyelesaikan soa1-soa1 terapan matematika. Besarnya surnbangan relatif dan sumbangan efektif yang diberikan minat baca buku ajar matematika masing-masing sebesar 77,79% dan 58,881%, dan besarnya sumbangan relatif dan sumbangan efektif yang diberikan kemampuan berhitung rnasing-rnasing sebesar 22,210% dan 16,812%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ichsafi M.Pd
Uncontrolled Keywords: pelajaran matematika; kemampuan berhitung
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:49
Last Modified: 26 Sep 2023 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum