HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER ill MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2005/2006

NURULUMROH, NIM.: 00440456 (2005) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER ill MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
00440456_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
00440456_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Peneiitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI program IP A semester III MAN Yogyakarta I tahun ajaran 2005/2006 secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penclitian ini adalah siswa kelas XI pogram IPA semester III MAN Yogyakarta I tahun ajaran 200512006 yang terdiri dari 2 kelas, sebanyak 77 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dari salah satu kelas, yaitu kelas XI Program IPA 2 yang terdiri dari 38 siswa secara acak. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui angket dan soal tes prestasi belajar. Instrumen kemandirian belajar terdiri dari 28 butir pernyataan yang sahih, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.966. Instrumen motivasi berprestasi terdiri dari 33 butir pernyataan yang sahib dengan koefisien reliabilitas 0.971. Instrumen soal tes prestasi belajar kimia terdiri dari 29 pertanyaan shahih deng:m koefisien feliabilitas 0.920. Teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi ganda 2 prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi beiajar kimia siswa kelas XI program IP A semester III MAN Y ogyakarta I tahun ajaran 2005/2006. Berdasarkan hasil penelitian diketahui harga koefisien korelasinya sebesar 0. 767 yang dapat ditunjukkan dengan persamaan regresinya, Y = 0.290877 X1 - 15.833180 dan koefisien determinasinya sebesar 0.589. Sumbangan relatif yang diberikan sebesar 50.038% dan sumbangan efoktif yang diberikan sebesar 39 .157%. Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI program IP A semester III MAN Yogyakarta I tahun ajaran 2005/2006. Hal ini ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi sebesar 0.724 yang dapat ditunjukkan dengan persamaan Y = 0.216197 X2 - 12.178340 dengan koefisien determinasi sebesar 0.525, sumbangan relatif 40.962% dan sumbangan efektif sebesar 27.168%. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan ::intara kemandirian belajar dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI program IPA semester III MAN Yogyakarta I tahun ajaran 2005/2006. Hal ini ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi sebesar 0.814 yang ditunjukkan dengan persamaan regresinya, Y = 0.193539 Xi + 0.111925 X2 - 19.277200, dengan koefisien determinasinya sebesar 0.663. Kata Kunci: Kemandirian belajar, motivasi berprestasi, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fatonah, S.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar, motivasi berprestasi, prestasi belajar.
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Sep 2023 14:26
Last Modified: 02 Nov 2023 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60644

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum