PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SEMESTER I MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA

Dede Hendra Budianto, NIM.: 00430360 (2006) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SEMESTER I MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SEMESTER I MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
00430360_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SEMESTER I MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
00430360_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari lingkungan belajar dan cara belajar baik secara sendiri-sendiri maupun bersama­sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X semester I MAN Wonokromo Bantu! Yogyakarta tahun pelajaran 2005/2006. Sekaligus menentukan besamya pengaruh dari masing-masing tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Wonokromo Bantu! pada tahun pelajaran 2005/2006 yang berjumlah I 63 siswa, dimana sebanyak 37 siswa dijadikan sampel penelitian. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel penelitian yaitu lingkungan belajar, cara belajar dan prestasi belajar matematika. Adapun tekhnik analisa datanya menggunakan tekhnik analisis korelasi, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: (1 ). Tidak ada pengaruh yang positif dan bermakna antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X semester I MAN Wonokromo Bantu! Yogyakarta tahun pelajaran 2005/2006, karena dalam perhitungan pada tahap uji signifikansi t = 1,553 < t10b = 2,031, sehingga tidak ada korelasi antara X1 dengan Y. (2). Ada pengaruh yang positif dan bermakna antara cara belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X semester I MAN Wonokromo Bantu! Y ogyakarta tahun pelajaran 2005/2006 yang ditunjukan dengan persamaan Y = -13,286280 + 0,541530X 2 dengan koefisien korelasi (r x,r) sebesar 0,486 dan koefisien determinasi (r;,r) sebesar 0,236. (3). Ada pengaruh yang positif dan bermakna antara lingkungan belajar dan cara belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X semester I MAN Wonokromo Bantu! Y ogyakarta tahun pelajaran 2005/2006 yang ditunjukan dengan persamaan f =-68,605 + 0,444X1 +0,642X2 dengan koefisien korelasi ganda (Rx,x,r) sebesar 0,615 dan koefisien determinasi (R

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, S.S, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar; cara belajar; prestasi belajar; matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Sep 2023 09:30
Last Modified: 27 Sep 2023 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60692

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum