INTEGRASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI KURIKULUM MERDEKA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VII

Dinda Choerunnisa, NIM.: 16410073 (2023) INTEGRASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI KURIKULUM MERDEKA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI KURIKULUM MERDEKA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VII)
16410073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI KURIKULUM MERDEKA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VII)
16410073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Derasnya arus informasi dan globalisasi menghadapi ancaman disintegrasi, konflik horizontal, konflik agama dan etnis, aksi terorisme atas nama agama merajalela, mengesampingkan nilai-nilai kemanusiaan, dan sikap merasa benar sendiri kerap menjadi salah satu pemicu lahirnya terorisme, sarana propaganda dan agitasi yang berkembang melalui berbagai sektor termasuk sektor pendidikan. Kondisi saat ini pasca pandemi Covid-19 juga dinilai menghadapi kendala ketertinggalan pembelajaran (learning loss) dalam ranah perkembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sehingga diterbitkannya kurikulum Merdeka dengan salah satu program berupa karakter profil pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (Library Research) dengan pendekatan hermaneutika. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi data kualitatif berupa analisis dokumen. Analisis data yang digunakan berupa content analysis. Hasil penelitian ini adalah: 1) Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum Merdeka kelas VII Sekolah Menengah Pertama terbitan 2021 berisi materi-materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan isi materi mengacu pada Capaian Pembelajaran sesuai Fase D Kurikulum Merdeka; 2) Terdapat integrasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka kelas VII Sekolah Menengah Pertama baik dalam isi materi, penugasan siswa, hingga bagian khusus untuk siswa merefleksi diri yaitu Aku Pelajar Pancasila; 3) Urgensi integrasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti karena ditemukannya kendala ketertinggalan pembelajaran (learning loss) dalam ranah perkembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dampak pandemi Covid-19. Pendidikan Agama Islam kerap dianggap memiliki peran besar dalam perkembangan sikap siswa, sehingga integrasi buku Pendidikan Agama Islam dengan nilai profil pelajar Pancasila terasa perlu untuk menumbuhkan karakter pelajar Pancasila yang rahmatan lil alamin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Oct 2023 09:12
Last Modified: 03 Oct 2023 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60739

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum