ANALISIS ISI BUKU TEKS QOWAID UNTUK SISWA SMA PONPES ANWARUL HAROMAIN KARYA H. BAHRUL MUNIR HAMIM

Achmad Romdlon Rifa’i, NIM.: 16420004 (2023) ANALISIS ISI BUKU TEKS QOWAID UNTUK SISWA SMA PONPES ANWARUL HAROMAIN KARYA H. BAHRUL MUNIR HAMIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISI BUKU TEKS QOWAID UNTUK SISWA SMA PONPES ANWARUL HAROMAIN KARYA H. BAHRUL MUNIR HAMIM)
16420004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ISI BUKU TEKS QOWAID UNTUK SISWA SMA PONPES ANWARUL HAROMAIN KARYA H. BAHRUL MUNIR HAMIM)
16420004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa yang keberadaannya terdekat sekaligus terjauh. Begitu dekat karena hadir dalam keseharian kita, dan begitu jauh karena terkadang sulit dipelajari. Kendati demikian, bahasa Arab adalah bahasa satu-satunya yang menghilhami kita dalam belajar Al-Qur`an dan Hadits. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui materi pembelajaran Bahasa Arab dalam kitab Qowaid sudah memenuhhi kriteria materi buku teks yang baik. 2) untuk mengetahui penyajian materi buku Bahasa Arab Qowaidi telah sesuai dengan konsep seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah Kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research), yang mana data-data akan diperoleh melalui kajian literatur berupa buku, jurnal, karya ilmiah, dan sebagainya. metode yang digunakan untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan berupa sumber-sumber dari beberapa literatur yang sesuai dengan objek penelitian. Hasil penelitian Adalah materi pembelajaran bahasa Arab dalam kitab Qowaid sudah memenuhi kriteria materi buku teks yang baik. Penyajian materi pelajaran bahasa Arab dalam kitab Qowaid sudah di susun secara runtut dan keterkaitan dimulai dari penyajian nadzom yang tersusun dengan baik sehingga pemabaca dapat mengelompokan materi dengan baik. Kekurangan buku Qowaid adalah terlalu banyak tabel yang di sajikan sehingga siswa cenderung sulit memahami tabel yang banyak tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kriteria; seleksi; gradasi; presentasi; repetisi.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Oct 2023 09:15
Last Modified: 03 Oct 2023 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum