ANALISIS BUKU “CINTA BERBAHASA ARAB” KARYA HASIMI KELAS IV SDIT LUQMAN AL-HAKIM SLEMAN TAHUN 2023 (Ditinjau Dari Aspek Kelayakan Isi, Penyajian, Kebahasaan dan Kesesuaian Level Materi)

Ahmad Zaki Mubarok, NIM.: 16420054 (2023) ANALISIS BUKU “CINTA BERBAHASA ARAB” KARYA HASIMI KELAS IV SDIT LUQMAN AL-HAKIM SLEMAN TAHUN 2023 (Ditinjau Dari Aspek Kelayakan Isi, Penyajian, Kebahasaan dan Kesesuaian Level Materi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (ANALISIS BUKU “CINTA BERBAHASA ARAB” KARYA HASIMI KELAS IV SDIT LUQMAN AL-HAKIM SLEMAN TAHUN 2023 (Ditinjau Dari Aspek Kelayakan Isi, Penyajian, Kebahasaan dan Kesesuaian Level Materi))
16420054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU “CINTA BERBAHASA ARAB” KARYA HASIMI KELAS IV SDIT LUQMAN AL-HAKIM SLEMAN TAHUN 2023 (Ditinjau Dari Aspek Kelayakan Isi, Penyajian, Kebahasaan dan Kesesuaian Level Materi))
16420054BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang apakah buku teks bahan ajar Cinta Berbahasa Arab karya Hasimi layak untuk disajikan sebagai salah satu bahan ajar Bahasa Arab. Hal ini mengingat bahwa buku teks tetrsebut ditulis berdasarkan kurikulum Sekolah Islam Terpadu dan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Oleh karena itu, peneliti menggunakan standar BSNP untuk menganalisis buku tersebut dari segi kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kesesuaian level materi serta melihat beberapa ketidaklengkapan sajian Maharah dan Mufradat khusus pada babnya dan beberapa latihan soal yang dirasa cukup sulit untuk kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian buku ajar Cinta Berbahasa Arab Karya Hasimi dengan pendekatan saintifik Kurikulum 2013. Sementara itu dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa buku teks ini sudah memenuhi kriteria standar penilaian kelayakan buku teks yang baik dari segi isi, penyajian, kebahasaan dan kesesuaian level materi yang sesuai dengan standar penilaian kelayakan buku teks yang dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Keruntutan dan keterpaduan alur perbab sudah bagus dan relevan. Sudah sesuai dengan alur kompetensi belajar kurikulum 2013. Akan tetapi, belum adanya variasi materi baik dari contoh soal dan pengayaan. Mufrodat yang belum tertera di awal setiap bab pelajaran sehingga terkadang bisa jadi menimbulkan kebingungan dalam mengidentifikasi setiap materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurhadi, S.Ag. MA.
Uncontrolled Keywords: Analisis buku, bahan ajar Cinta Berbahasa Arab, Penilaian, Kelayakan Buku, Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Oct 2023 09:40
Last Modified: 17 Jan 2024 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60742

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum