PROGRAM KEMITRAAN SEKOLAH DAN ORANG TUA DI TK PKK 98 GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nur Indah Mubarokah, NIM.: 16430034 (2023) PROGRAM KEMITRAAN SEKOLAH DAN ORANG TUA DI TK PKK 98 GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM KEMITRAAN SEKOLAH DAN ORANG TUA DI TK PKK 98 GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
16430034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM KEMITRAAN SEKOLAH DAN ORANG TUA DI TK PKK 98 GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
16430034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Di era sekarang pendidikan anak usia dini sangatlah beragam, banyak lembaga pendidikan usia dini yang menawarkan program-program sekolah unggulan kepada orang tua peserta didik. Dari beragamnya program sekolah yang ditawarkan, sekolah juga perlu memperhatikan terkait program yang berhubungan dengan Kemitraan sekolah dan orang tua. Pentingnya program kemitraan sekolah dan orang tua perlu dilakukan untuk mendukung pencapaian perkembangan anak dengan baik. Studi ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk-bentuk program kemitraan sekolah dan dan orang tua di TK PKK 98 Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul dan (2) faktor-faktor yang memengaruhi kemitraan tersebut. Studi mempergunakan pendekatan kualitatif dengan jenis riset lapangan (field research) yang berlokasi di TK PKK 98 Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Studi dilakukan pada semester 1 tahun ajaran 2022/2023. Subjek riset berjumlah 5 orang yang meliputi 1 orang kepala TK, 1 orang guru kelas A, 1 orang guru kelas B, 1 orang tua anak didik kelas A, dan 1 orang tua anak didik kelas B, di TK PKK 98 Giriloyo. Objek studi adalah kemitraan antara sekolah dan orang tua dalam proses tumbuh kembang anak di TK PKK 98 Giriloyo. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dengan keabsahan data dengan teknik diskusi dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan kerangka berpikir induktif yang dibantu dengan teknik analisis data kualitatif model interaktif menurut Miles & Huberman. Hasil studi menunjukkan berikut ini. (1) Bentuk-bentuk program kemitraan sekolah dan orang tua di TK PKK 98 Giriloyo sebagai berikut. Pada dimensi kemitraan parenting, bentuknya adalah program parenting, home visit, dan pemberian saran pada orang tua. Pada dimensi kemitraan communicating, bentuknya adalah penyelenggaraaan pertemuan/rapat dengan orang tua, penyampaian kemajuan proses tumbuh kembang anak, dan adanya buku penghubung. Pada dimensi volunteering, bentuknya adalah penggerakkan orang tua sebagai sukarelawan sekolah yang meliputi kegiatan PMT, makan bersama, persiapan tutup tahun, rekreasi, pendampingan saat perlombaan, dan menjadi guru ekstra. Pada dimensi learning at home, bentuknya adalah pendampingan anak oleh orang tua di rumah dalam pengulangan materi di sekolah dan pembiasaan anak dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Pada dimensi decision making, bentuknya adalah pembentukan perkumpulan orang tua dan guru. (2) Faktor-faktor yang memengaruhi kemitraan antara sekolah dan orang tua dalam proses tumbuh kembang anak di TK PKK 98 Giriloyo terdiri atas faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya adalah kompetensi sosial guru, akses sekolah yang terbuka bagi orang tua, dan perhatian orang tua terhadap proses tumbuh kembang anaknya, sedangkan faktor penghambatnya adalah tingkat pendidikan orang tua dan pekerjaan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Program, Kemitraan, sekolah, orang tua.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Oct 2023 09:48
Last Modified: 04 Oct 2023 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum