INTERKONEKSI MATERI NAHWU DAN MATERI AL-QUR’AN (Studi Kaidah Bahasa Arab dalam Buku Teks Bahasa Arab dan Buku Teks Al-Qur’an Hadits MA Kelas XI Kurikulum 2013 Tahun 2019)

Diana Hamida, NIM.: 17104020018 (2023) INTERKONEKSI MATERI NAHWU DAN MATERI AL-QUR’AN (Studi Kaidah Bahasa Arab dalam Buku Teks Bahasa Arab dan Buku Teks Al-Qur’an Hadits MA Kelas XI Kurikulum 2013 Tahun 2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERKONEKSI MATERI NAHWU DAN MATERI AL-QUR’AN (Studi Kaidah Bahasa Arab dalam Buku Teks Bahasa Arab dan Buku Teks Al-Qur’an Hadits MA Kelas XI Kurikulum 2013 Tahun 2019))
17104020018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERKONEKSI MATERI NAHWU DAN MATERI AL-QUR’AN (Studi Kaidah Bahasa Arab dalam Buku Teks Bahasa Arab dan Buku Teks Al-Qur’an Hadits MA Kelas XI Kurikulum 2013 Tahun 2019))
17104020018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari keresahan peneliti mengenai kurang mahirnya siswa dalam memahami materi nahwu ketika membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana interkoneksi antara materi nahwu dalam buku teks bahasa Arab dengan materi Al-Qur’an buku teks Al-Qur’an Hadits MA kelas XI Kurikulum tahun 2019, mengingat buku teks masih menjadi bahan ajar pokok siswa dalam memahami materi pelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research). Objek penelitian ini adalah Buku Siswa bahasa Arab dan Al-Quran Hadits Kelas XII Madrasah Aliyah kurikulum 2013 tahun 2019. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa isi materi nahwu dalam buku teks Bahasa Arab dengan materi Al-Qur’an dalam buku teks Al-Quran Hadits Siswa MA kelas XI Kurikulum tahun 2019 yang diterbitkan oleh Direktorat KSKK Madrasah dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia terdapat interkoneksi yang signifikan diantara keduanya. Sebagaimana yang telah dikemukakan pada bab IV, ditemukan materi nahwu dan ayat al-quran dan hadits yang memiliki kesesuaian, yaitu pada bab 1 bahasa Arab materi Adad dan Ma’dud ( العَدَدُ وَالْمَعْدُوْد ), yang dikaitkan dengan ayat al-Qur’an buku teks al-Qur’an hadits ditemukan 1 lafadz yang mengandug Adad dan Ma’dud ( العَدَدُ وَالْمَعْدُوْد ). Sedangkan pada bab 2 bahasa Arab materi Huruf Jer dan Huruf ‘athaf ( حروف الجر وحروف العطف ) ditemukan sebanyak 87 lafadz yang merupakan susunan jer dan majrur serta 140 lafadz yang merupakan susunan ma’thuf dan ma’thuf ‘alaih. Kemudian pada bab 3 bahasa Arab materi Isim Nakiroh dan Isim Ma’rifat ( الاسم النكرة والاسم المعرفة ) ditemukan 178 lafadz yang termasuk Isim Ma’rifat dan 132 lafadz yang termasuk isim nakiroh. Pada bab 6 bahasa Arab materi Jumlah Ismiyah dan Jumlah fi’liyah ( الْجُمْلَةُ الإِسْمِ يَةُ وَ الْجُمْلَةُ الْفِعْلِيَة ) ditemukan 129 lafadz yang termasuk Jumlah fi’liyah dan 43 lafadz yang termasuk Jumlah Ismiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Interkoneksi; Buku Teks; Materi Nahwu; Al-Qur’an dan Hadits
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Oct 2023 08:46
Last Modified: 05 Oct 2023 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60812

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum