PENGEMBANGAN MEDIA QUARTET CARD DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH JAGALAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Elina Susanti, NIM.: 17104020091 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA QUARTET CARD DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH JAGALAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA QUARTET CARD DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH JAGALAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023)
17104020091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA QUARTET CARD DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH JAGALAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023)
17104020091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media pembelajaran yang menarik untuk pembelajaran mufradat bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran mufradat bahasa Arab dengan menggunakan media Quartet Card layak digunakan sebagai media pembelajaran mufradat bahasa Arab di MI Muhammadiyah Jagalan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dari Prof. Dr. Sugiyono dengan tujuan mengembangkan suatu produk. Objek dalam penelitian ini adalah permasalahan pembelajaran mufradat yang terjadi di MI Muhammadiyah Jagalan. Sumber data untuk penelitian ini dari kepala sekolah MI Muhammadiyah Jagalan, guru bahasa Arab MI Muhaamdiyah Jagalan, ahli media, ahli materi dan peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Jagalan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian yaitu pengembangan media Quartet card yang meliputi: (1) mencari potensi dan masalah dalam penguasaan mufradat dan penggunaan media pembelajaran, (2) pengumpulan data untuk membuat media sebagai perantara menghafal mufradat, (3) desain produk, (4) validasi desain untuk mendapat arahan dari ahli, (5) revisi desain sesuai dengan arahan ahli, (6) pembuatan produk, (7) uji coba produk dilakukan untuk menguji kelayakan media terhadap pembelajaran mufradat. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: hasil rata-rata uji coba untuk pre test yaitu 66,2 dan post test 86,8. Berdasarkan hasil pengujian media Quartet card dinyatakan layak sebagai media pembelajaran mufradat bahasa Arab yang ada di MI Muhammadiyah Jagalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; mufradat; pengembangan; quartet card
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Oct 2023 11:17
Last Modified: 05 Oct 2023 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60813

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum