PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN MURID KELAS I SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA

Mila Hermawati, NIM: 18104080050 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN MURID KELAS I SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN MURID KELAS I SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
18104080050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN MURID KELAS I SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
18104080050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan faktor yang dominan. Penyebabnya adalah siswa kurang termotivasi saat belajar jika tidak menggunakan media yang menarik, dan kurangnya pemahaman terhadap konsep matematika karena tidak menggunakan media yang tepat. Sehingga hasil pembelajaran menjadi tidak maksimal. Untuk mengatasi dari alur permasalahan diatas ada beberapa rekomendasi alternatif tindakan yang dianggap efektif agar siswa mampu melakukan operasi hitung penjumlahan bilangan. Alternatif pertama membelajarkan siswa menggunakan alat peraga Blok Dienes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan media Blok Dienes terhadap hasil belajar matematika pada Siswa Kelas I SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDIT Salsabila 3 Banguntapan yang berjumlah 25 siswa kelas IA dan 25 siswa kelas IB. Adapun instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar, lembar aktivitas murid, dan angket respon murid. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Blok Dienes terhadap hasil belajar matematika pada Siswa Kelas I SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Hal itu dapat dilihat dari nilai sig uji t yaitu nilai sig 0,021 < 0,05 yang artinya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Blok Dienes, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Oct 2023 13:33
Last Modified: 06 Oct 2023 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60861

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum