PENGEMBANGAN MAJALAH SIRAK (SISTEM GERAK) SUBMATERI POKOK GANGGUAN PADA SISTEM GERAK MANUSIA BERBASIS PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MA/SMA

Dwi Aryani, NIM: 18106080003 (2023) PENGEMBANGAN MAJALAH SIRAK (SISTEM GERAK) SUBMATERI POKOK GANGGUAN PADA SISTEM GERAK MANUSIA BERBASIS PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MA/SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MAJALAH SIRAK (SISTEM GERAK) SUBMATERI POKOK GANGGUAN PADA SISTEM GERAK MANUSIA BERBASIS PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MA/SMA)
18106080003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MAJALAH SIRAK (SISTEM GERAK) SUBMATERI POKOK GANGGUAN PADA SISTEM GERAK MANUSIA BERBASIS PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MA/SMA)
18106080003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kualitas, dan respon siswa terhadap majalah Sirak (Sistem Gerak) submateri pokok gangguan pada sistem gerak manusia berbasis Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) sebagai media belajar mandiri siswa kelas XI MA/SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Majalah Sirak dinilai dengan instrument penilaian berupa angket penilaian kualitas produk yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi dan siswa. Data nilai kualitas yang diperoleh dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif kemudian dikonversi menjadi tingkat kualitas produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa majalah yang dikembangkan mendapat nilai validasi dari ahli media sebesar 97% dengan kategori sangat baik, ahli materi 90,8% dengan kategori sangat baik, peer reviewer 95,25% dengan kategori sangat baik, guru biologi 89% dengan kategori sangat baik, dan respon siswa mendapatkan nilai sebesar 87,89% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut maka majalah Sirak yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas majalah yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mike Dewi Kurniasih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: majalah; gangguan sistem gerak; paradigma pedagogi reflektif; media belajar.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Oct 2023 15:30
Last Modified: 06 Oct 2023 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum