HUBUNGAN AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN UMUM SISWA SMA SAHABATQU YOGYAKARTA

Saffana Sany, NIM: 19104010123 (2023) HUBUNGAN AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN UMUM SISWA SMA SAHABATQU YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN UMUM SISWA SMA SAHABATQU YOGYAKARTA)
19104010123_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN UMUM SISWA SMA SAHABATQU YOGYAKARTA)
19104010123_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar siswa melibatkan otak dalam hal mengolah, memahami, dan mengingat materi yang diajarkan. Hal ini sejalan dengan penelitian seorang pakar ilmu Al-Qur’an, Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, Lc., MA. Al Hafizh yang menyatakan bahwa aktivitas menghafal Al-Qur’an mampu meningkatan kinerja sel-sel otak, sehingga banyak sekolah yang memliki pendidikan berbasis Al-Qur’an guna meningkatkan prestasi akademik siswa. Salah satunya adalah SMA SahabatQu Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas menghafal dan prestasi adakademik mata pelajaran umum siswa SMA SahabatQu, serta hubungan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dengan prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif, karena bertujuan untuk menganalisis hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA SahabatQu Yogyakarta yang berjumlah 196 siswa dan mengambil sampel penelitian sebanyak 132 siswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan nilai Ujian Tengah Semester 2 pada mata pelajaran umum. Penelitian ini menggunakan uji Pearson Product Moment dalam mencari hubungan antara kedua variabel dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat aktivitas menghafal Al-Qur’an siswa SMA SahabatQu Yogyakarta berada pada kategori sedang dengan presentase 69,7% (92 siswa). 2) Tingkat prestasi akademik mata pelajaran umum siswa SMA SahabatQu Yogyakarta berada pada kategori sedang dengan presentase 60,6% (80 siswa). 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dengan prestasi akademik mata pelajaran umum siswa SMA SahabatQu Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,01 dan nilai koefisiesn korelasi sebesar 0,292 yang menunjukkan bahwa adanya hubungan searah antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dengan prestasi akademik mata pelajaran umum yang mana hubungan keduanya tergolong rendah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an, Prestasi Akademik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 09:18
Last Modified: 09 Oct 2023 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum