PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-FALAAH PANDAK TAHUN AKADEMIK 2022-2023

Muhammad Raffy Fathurrahman, NIM: 19104020018 (2023) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-FALAAH PANDAK TAHUN AKADEMIK 2022-2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-FALAAH PANDAK TAHUN AKADEMIK 2022-2023)
19104020018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-FALAAH PANDAK TAHUN AKADEMIK 2022-2023)
19104020018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya siswa kelas VIII MTs Al-Falaah yang masih kurang menguasai kosakata bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model cooperative learning teknik jigsaw terhadap penguasaan kosakata bahasa arab pada siswa kelas VIII MTs Al-Falaah Pandak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan model desain nonequivalent control group design. Objek penelitian ini adalah MTs Al-Falaah Pandak dengan populasi seluruh kelas VIII (delapan). Dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode tes secara tertulis berupa pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan berupa uji hipotesis dengan uji paired sample t-test dan uji analisis N-Gain. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model cooperative learning teknik jigsaw terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada kelas VIII MTs Al-Falaah Pandak. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya bahwa Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Data diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang diambil dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain uji hipotesis dengan paired sample t-test, dalam penelitian ini juga menggunakan uji analisis N-Gain. Berdasarkan hasil dari analisis tersebut diperoleh nilai N-Gain sebesar 58,65 %. Karena nilai 58,65 % berada di antara rentan nilai 56 – 75 %, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model cooperative learning teknik jigsaw terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Al-Falaah Pandak dinilai cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah., S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Jigsaw, Kosakata bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 09:19
Last Modified: 09 Oct 2023 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum