EFEKTIVITAS KOLABORASI METODE AUDIOLINGUAL DAN METODE IMLA’ TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS 2 KMI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023

Fatimah Al Azkiah, NIM: 19104020042 (2023) EFEKTIVITAS KOLABORASI METODE AUDIOLINGUAL DAN METODE IMLA’ TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS 2 KMI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KOLABORASI METODE AUDIOLINGUAL DAN METODE IMLA’ TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS 2 KMI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KOLABORASI METODE AUDIOLINGUAL DAN METODE IMLA’ TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS 2 KMI MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan kolaborasi metode audiolingual dan metode imla’ terhadap keterampilan menulis bahasa Arab kelas 2 KMI MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Dengan demikian, penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk dunia pendidikan sehingga dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi subjek penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas 2 KMI MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta dan sampel yang diambil yaitu siswa kelas 2A dan 2B MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Uji hipotesis data penelitian ini menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney U-Test. Pelaksanaan treatment dilakukan di kelas eksperimen yaitu kelas 2A sebanyak dua kali pertemuan. Pertemuan tersebut dihadiri oleh 22 siswa. Terdiri dari pemutaran audio dan dilanjutkan dengan menulis teks cerita yang terdapat pada audio tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan treatment. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai mean rank pada kelas eksperimen yaitu 26,20 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 13,53 dengan selisih antar kedua kelas tersebut sebesar 12,67. Sedangkan uji efektivitas menunjukkan tidak efektif dikarenakan hasil kurang dari 40.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Audiolingual, Imla’, Keterampilan Menulis, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 09:53
Last Modified: 09 Oct 2023 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60913

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum