PROBLEMATIKA BELAJAR KETERAMPILAN PRODUKTIF BERBAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 6 GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2022/2023

Souma Raya Fitrotunisa’, NIM.: 19104020082 (2023) PROBLEMATIKA BELAJAR KETERAMPILAN PRODUKTIF BERBAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 6 GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA BELAJAR KETERAMPILAN PRODUKTIF BERBAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 6 GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA BELAJAR KETERAMPILAN PRODUKTIF BERBAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 6 GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kompetensi belajar siswa pada keterampilan produktif berbahasa Arab. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang problematika belajar keterampilan produktif berbahasa Arab dan mendeskripsikan berbagai upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika siswa belajar keterampilan produktif berbahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini disebut informan. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun subjek utama (key informan) dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab MTsN 6 Gunungkidul dan didukung dengan informan lain, yaitu beberapa siswa kelas VIII MTsN 6 Gunungkidul tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Problematika belajar keterampilan produktif berbahasa Arab peserta didik kelas VIII aspek linguistik dari mahārah kalām adalah siswa belum hafal dengan huruf atau bunyi Arab, kurangnya penguasaan kosakata siswa. Dari mahārah kitābah kurangnya penguasaan kaidah bahasa Arab siswa, dan siswa belum menguasai dengan penggabungan huruf Arab. Sedangkan dari aspek non-linguistik pada mahārah kalām adalah siswa sulit untuk menghafalkan kalimat berbahasa Arab, lingkungan sosial tidak mendukung, metode yang digunakan guru ketika pembelajaran kurang bervariatif, motivasi dan minat belajar siswa yang kurang terhadap mata pelajaran bahasa Arab. Dari mahārah kitābah siswa tidak menguasai dengan wawasan dan pengetahuan sekitar sosial dan budaya jazirah Arab tentang makna, dan pengertian berbagai ungkapan, istilah, dan nama benda yang khas dari bahasa Arab (2) Upaya yang dilakukan siswa dalam mengatasi problematika belajar keterampilan produktif berbahasa Arab dari mahārah kalām yaitu menghafalkan kosakata Arab,mengahafalkan huruf Arab, mendengarkan dialog Arab, membiasakan latihan berbicara berbahasa Arab secara mandiri dengan belajar melalui YouTube. Dari mahārah kitābah membiasakan latihan menulis Arab. Sedangkan upaya yang dilakukan guru dari mahārah kalām yaitu mengajak siswa berbicara dengan kalimat kata mutiara berbahasa Arab (mahfūẓāt), mengajak siswa berfikir bahasa Arab dengan mengkaitkan amaliyah keseharian siswa. Dari mahārah kitābah praktek menulis kalimat sederhana berbahasa Arab, mengajak siswa belajar mandiri melalui media handphone, dan guru menyiapkan kartu kosakata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. R. Umi Baroroh, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterampilan Produktif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Oct 2023 15:26
Last Modified: 09 Oct 2023 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum