STRATEGI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM LAZISMU PUSAT DALAM MENGGUGAH SEMANGAT BERZAKAT MUSLIM KELAS MENENGAH INDONESIA

A’an Ardianto, NIM.: 19200010028 (2023) STRATEGI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM LAZISMU PUSAT DALAM MENGGUGAH SEMANGAT BERZAKAT MUSLIM KELAS MENENGAH INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Strategi Media Sosial Instagram Lazismu Pusat dalam Menggugah Semangat Berzakat Muslim Kelas Menengah Indonesia)
19200010028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Strategi Media Sosial Instagram Lazismu Pusat dalam Menggugah Semangat Berzakat Muslim Kelas Menengah Indonesia)
19200010028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan mayroitas penduduk beragama Islam memiliki potensi besar dalam penghimpunan zakat, infak, sedekah, dan dana kemanusiaan (ZISKA). Akan tetapi potensi yang besar tersebut belum secara maksimal diserap oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ), baik LAZ milik negara atau Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) maupun LAZ swasta seperti Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu). Berbeda dengan negara-negara mayoritas Islam lain, seperti Malaysia, Pakistan, Brunei Darussalam, dan beberapa negara di Timur Tengah yang pengelolaan ZISKA nya dikelola oleh pemerintah secara penuh, di Indonesia organisasi sipil diberi keleluasaan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengoordinasian dalam pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan ZISKA. Peraturan tersebut membuka peluang bagi Lazismu PP Muhammadiyah dalam penghimpunan dana ZISKA, sekaligus mendukung pemerintah untuk menghadirkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam melakukan pengelolaan ZISKA, Lazismu PP Muhammadiyah memanfaatkan berbagai saluran, seperti penggunaan media sosial instagram untuk menggugah semangat berzakat. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada strategi media sosial instagram @lazismupusat dalam menggugah semangat berzakat muslim kelas menengah Indonesia. Di era digital, komunikasi dimediasi komputasi atau Communication Mediated Computer (CMC) memberikan kemudahan bagi lembaga filantropi dalam menghimpun zakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara sumber data dalam penelitian ini berasal dari dokumentasi dan narasumber. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi menggugah semangat berzakat yang dilakukan oleh Lazismu PP Muhammadiyah melalui instagram belum secara menyeluruh menggunakan fitur yang tersedia, serta masih terjadi perbedaan data terkait dengan sasaran audien yang ingin dijangkau, selain itu juga masih belum adanya SOP produksi konten dari Divisi Digital Fundraising Lazismu PP Muhammadiyah dalam menentukan sasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Instagram; CMC; Kelas Muslim Menengah; Lazismu,
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Media Sosial
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Komunikasi dan Masyarakat Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 09 Oct 2023 13:35
Last Modified: 09 Oct 2023 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60952

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum