HUBUNGAN PENDAMPINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP N 2 PAKEM

Budi Artho Nugroho, NIM.: 16410068 (2023) HUBUNGAN PENDAMPINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP N 2 PAKEM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PENDAMPINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP N 2 PAKEM)
16410068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PENDAMPINGAN BELAJAR OLEH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP N 2 PAKEM)
16410068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya siswa yang tidak memenuhi angka kriteria ketuntasan minimal pada ulangan harian pendidikan agama Islam siswa kelas VII menjadi perhatian peneliti. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pendidikan agama Islam, peneliti mempunyai hipotesis bahwa rendahnya nilai siswa berkaitan dengan pemberian pendampingan belajar oleh orang tua siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk membuktikan hubungan antara hasil belajar pendidikan agama Islam dengan kualitas pendampingan belajar oleh orang tua. Permasalahan di atas diurai dengan pendekatan kuantitatif. Kemudian untuk pengujiannya dilakukan uji korelasi product moment. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket untuk mengetahui bagaimana orang tua memberikan pendampingan belajar. Adapun aspek di dalamnya meliputi; kesadaran orang tua, intensitas pendampingan, pengetahuan orang tua, pengkondisian belajar, metode pendampingan dan kerja sama orang tua dengan guru. Angket diberikan kepada keseluruhan populasi yakni siswa muslim kelas VII dengan jumlah 109 siswa, agar supaya diisi oleh orang tua yang memberikan pendampingan belajar kepada siswa tersebut. Adapun untuk variabel hasil belajar menggunakan hasil Penilaian Akhir Tahun. Hasil analisis korelasi yang diperoleh dari 82 responden yang terkumpul menunjukkan r hitung lebih besar dari r tabel (0,222 > 0,220) dan taraf signifikansi di angka 0,045 (lebih kecil dari 0,05). Data tersebut menunjukan bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan antara pendampingan belajar oleh orang tua dengan hasil belajar pendidikan agama Islam. Kesimpulannya adalah semakin baik pemberian pendampingan belajar oleh orang tua akan meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Belajar, Orang Tua, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2023 15:11
Last Modified: 01 Nov 2023 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61012

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum