PENGASUH SEBAGAI PENGGANTI ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI LKSA NURUL HAQ MADANIA

Irma Nur Azizah, NIM.: 16410075 (2023) PENGASUH SEBAGAI PENGGANTI ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI LKSA NURUL HAQ MADANIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGASUH SEBAGAI PENGGANTI ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI LKSA NURUL HAQ MADANIA)
16410075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGASUH SEBAGAI PENGGANTI ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI LKSA NURUL HAQ MADANIA)
16410075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran lingkungan dalam pembentukan kepribadian anak. Terlebih bagi anak yang sudah dititipkan di LKSA dari kecil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengasuh, faktor pendukung dan penghambat, dan implikasi peran pengasuh terhadap pembentukan kepribadian anak di LKSA Nurul Haq Madania Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah ketua LKSA, pengasuh, anak dan kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bahwa peran pengasuh dalam pembentukan kepribadian anak di Lembaga Kesejateraan Sosial Anak Nurul Haq Madania sudah melaksanakan peranya sebagai guru, mubaligh, manager, orang tua, motivator, teladan, penasehat dan pelatih dengan baik melalui kegiatan yang diselenggarakan,2) Bahwa faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembentukan kepribadian adalah faktor pendukung (keluarga di LKSA, donatur yang memberikan tenaga/waktu/jasa, fasilitas yang mendukung dalam pembentukan kepribadian anak seperti dengan adanya ruang konseling, layanan pendidikan, program senyum, peningkatan kompetensi pengasuh, kegiatan monitoring evaluasi, dan kegiatan yang menunjang pembentukan kepribadian anak) dan faktor pengambat (naluri anak, keluarga inti yang kurang merangkul, dan masyarakat yang masih memandang sebalah mata), 3) Bahwa implikasi peran pengasuh terhadap pembentukan kepribadian anak di Lembaga Kesejateraan Sosial Anak Nurul Haq Madania sudah cukup baik terbukti bahwa anak asuh mampu memberikan jawaban yang positif dengan indikator sebagai berikut: a) Mampu menilai diri secara realistik, b) Mampu menilai situasi secara realistik, c) Mampu menilai keberhasilan dan kegagalan dalam hidupnya dengan baik, d) Individu bertanggung jawab dan yakin atas kemampuan yang ia miliki dalam management conflic, e) Memiliki kemandirian dalam berpikir, bertindak mengambil keputusan, mengembangkan diri dan menyesuaikan diri dengan aturan yang ada di lingkungannya, f) Pribadi yang baik mampu mengolah emosi berdasarkan apa yang dialaminya, g) Individu yang sehat kepribadianya adalah yang memiliki tujuan yang ingin dicapainya, h) Individu yang berorientasi keluar, i) Individu yang berkepribadian baik adalah ia yang mau menjalin relasi sosial dengan sesama, j) Individu yang mampu mengarahkan dirinya sendiri berdasarkan keyakinan agama yang dianutnya, k) Individu yang sehat adalah ia yang hidup diwarnai dengan kebahagiaan yang didukung oleh faktor pencapaian prestasi, penerimaan orang lain terhadapnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Pola Asuh, Kepribadian Anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pola Asuh
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2023 15:11
Last Modified: 01 Nov 2023 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61013

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum