UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X KULINER DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Kharisma Alam, NIM.: 16410097 (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X KULINER DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X KULINER DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA)
16410097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X KULINER DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA)
16410097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah fenomena bahwa masih terdapat siswa di SMK Negeri 4 Yogyakarta yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Sedangkan di dalam modul ajar yang diterapkan disekolah, tingkatan yang harus dikuasai oleh kelas X (sepuluh) harus mencapai menghafal, menganalisa, dan menyajikan ayat Al-Qur’an, yang mana dasar dari hal-hal tersebut adalah membaca. Melihat kenyataan tersebut, maka dibentuklah ekstrakurikuler BTAQ (Baca Tulis Al-Qur’an) khusus untuk siswa-siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dan bahkan belum bisa sama sekali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berupa penelitan lapangan (field research). Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan menggunakan triangulasi data untuk keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah upaya-upaya guru berupa 1) memanfaatkan materi PAI untuk pengayaan bacaan Al-Qur’an, 2) mendirikan ekstrakurikuler BTAQ (Baca Tulis Al-Qur’an), 3) guru membaca Al-Qur’an dengan benar dulu, lalu siswa mengikuti, 4) menggunakan metode teman sebaya, dan 5) mewajibkan siswa untuk mengikuti kegiatan taḥsin pagi. Adapun faktor-faktor yang mendukung dalam mengoptimalkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa adalah komitmen guru, fasilitas, tenaga, dan dukungan. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat adalah waktu, metode, motivasi dan kesadaran, dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Ekstrakurikuler BTAQ.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2023 15:11
Last Modified: 01 Nov 2023 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61014

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum