NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL DALAM NOVEL RAMUAN EYANG SINYO KARYA ALI MUAKHIR

Kurnia Putri Novitasari, NIM : 16480044 (2023) NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL DALAM NOVEL RAMUAN EYANG SINYO KARYA ALI MUAKHIR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL DALAM NOVEL RAMUAN EYANG SINYO KARYA ALI MUAKHIR)
16480044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL DALAM NOVEL RAMUAN EYANG SINYO KARYA ALI MUAKHIR)
16480044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didorong oleh penerapan pendidikan karakter religius dan peduli sosial yang masih belum efektif karena ada pengaruh kemajuan teknologi saat ini pada anak-anak. Hal ini dapat ditemukan dalam kehidupan sehari – hari banyak anak – anak terpengaruh oleh penggunaan gadget, menjadi malas, tidak beribadah, pribadi yang antisosial sehingga sangat jauh dari nilai karakter religius dan peduli sosial. Untuk menanam pendidikan karakter dapat melalui sastra seperti buku atau novel. Novel Ramuan Eyang Sinyo merupakan novel anak islami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan religius dan peduli sosial dalam Novel Ramuan Eyang Sinyo karya Ali Muakhir dan relevansinya bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ini adalah library research deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara yang dianalisis dengan analisis isi (content analysis). Maka kegiatan yang dilakukan adalah menganalisis (melalui kegiatan membaca, menganalisis, dan memvalidasi) novel Ramuan Eyang Sinyo dan mengomunikasikan dengan teori yang digunakan berupa kalimat deskriptif tentang nilai-nilai pendidikan karakter religius dan peduli sosial dalam Novel Ramuan Eyang Sinyo Karya Ali Muakhir. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai pendidikan karakter religius yang terdapat dalam novel Ramuan Eyang Sinyo adalah mensyukuri segala karunia yang diberikan Allah SWT, mengagumi kebesaran Allah SWT, senang bergaul dengan teman maupun sesama melalui berbagai perbedaan yang telah diciptakan, senang mengikuti aturan ibadah dari Allah SWT, merasakan manfaat segala aturan sebagai kebutuhan untuk hidup, membantu sesama yang membutuhkan bantuan sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. (2) nilai pendidikan karakter peduli sosial yang terdapat dalam novel Ramuan Eyang Sinyo adalah menolong orang yang ditemuinya sedang sangat membutuhkan bantuan, membagi makanan dengan teman, menjenguk teman atau orang lain yang sakit, meminjamkan alat yang tidak dimiliki teman atau orang lain. (3) terdapat relevansi nilai religius dan peduli sosial dalam novel “Ramuan Eyang Sinyo” bagi siswa MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof., Dr., Hj. Maemonah
Uncontrolled Keywords: analisis, pendidikan karakter; religius; peduli sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 10 Oct 2023 13:08
Last Modified: 10 Oct 2023 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61035

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum