PENGARUH KONSEP DIRI (SELF-CONCEPT) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Isnaini Faridatun, NIM.16600012 (2023) PENGARUH KONSEP DIRI (SELF-CONCEPT) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KONSEP DIRI (SELF-CONCEPT) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
16600012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KONSEP DIRI (SELF-CONCEPT) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
16600012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konsep diri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain konsep diri, kemandirian belajar juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan konsep diri terhadap hasil belajar matematika; 2) apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan konsep diri dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Mlati pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan populasi siswa kelas VII. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu skala konsep diri dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian terhadap hasil belajar matematika; 3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim., S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri/Self-Concept; Kemandirian Belajar; Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 10 Oct 2023 13:07
Last Modified: 10 Oct 2023 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61040

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum