EFEKTIVITAS METODE TRANSLITERASI DALAM MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH SISWA KELAS IV SD AL-AMIN “SINAR PUTIH” SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022

Yusuf Hidayat, NIM.: 17104020084 (2023) EFEKTIVITAS METODE TRANSLITERASI DALAM MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH SISWA KELAS IV SD AL-AMIN “SINAR PUTIH” SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE TRANSLITERASI DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀ’AH SISWA KELAS IV SD AL-AMIN “SINAR PUTIH” SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104020084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE TRANSLITERASI DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH QIRĀ’AH SISWA KELAS IV SD AL-AMIN “SINAR PUTIH” SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104020084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa kelas IV SD Al-Amin “Sinar Putih” Sewon Bantul dalam menjalani proses pembelajaran Bahasa Arab khususnya dalam bidang membaca. Serta siswa beranggapan bahwa pelajaran Bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit dipelajari. Hal ini menjadi hambatan bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran secara maksimal. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen (experimental research) dengan sampel kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan kemampuan siswa dalam memahami materi terkait mahārah qirā’ah yang dibuktikan dengan hasil tes yang telah dilakukan siswa baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Uji-t digunakan untuk mengukur efektivitas metode transliterasi sebagai metode yang diterapkan dalam pelajaran Bahasa Arab, khususnya dalam materi yang mencakup pembelajaran mahārah qirā’ah. Berdasarkan nilai yang diraih oleh siswa setelah mengerjakan soal-soal pretest dan posttest, dengan jumlah rata-rata nilai pada kelas eksperimen 44,81 meningkat menjadi 60,37, dan pada kelas kontrol sejumlah 35,18 menjadi 45,36 peneliti menyimpulkan adanya peningkatan kemampuan mahārah qirā’ah siswa setelah diterapkannya metode transliterasi dalam pembelajarannya. Meskipun kedua kelas mengalami peningkatan, akan tetapi nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan perolehan peningkatan kemampuan mahārah qirā’ah siswa yang didasarkan pada uji N-Gain Score sejumlah 0,27 pada kelas eksperimen, dan 0,15 pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Transliterasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterampilan Bahasa (Maharah)
Subjects: Kesusastraan Arab > Linguistik - Terjemahan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2023 10:10
Last Modified: 10 Oct 2023 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum