EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

Hamdika Ainun Rais, NIM.: 18104010052 (2023) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
18104010052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
18104010052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 telah merubah hampir seluruh tatanan kehidupan manusia. Pandemi COVID-19 juga telah memberikan tantangan nyata sekaligus kesempatan yang berharga bagi dunia Pendidikan. Sekolah dituntut untuk dapat menyusun program pembelajaran yang efektif dan mampu untuk menjawab tantangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang diberlakukan pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif deskriptif kualitatif dengan model penelitian CIPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian adalah: 1) Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari komponen konteks dapat dikategorikan sangat baik. 2) Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari komponen input dikategorikan sangat baik. 3) Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari komponen proses dikategorikan kurang. 4) Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari komponen produk atau hasil masuk dalam kategori baik. Seacara umum, pelaksanaan program pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta dapat dikategorikan baik. Program yang dilaksanakan telah dapat menjadi solusi alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Sukiman, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pandemi COVID-19, Kurikulum
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Covid-19
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2023 10:38
Last Modified: 10 Oct 2023 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61060

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum