PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN RESILIENSI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SULTHONI PLOSOKUNING

Siti Nadhifah, NIM.: 18104030065 (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN RESILIENSI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SULTHONI PLOSOKUNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN RESILIENSI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SULTHONI PLOSOKUNING)
18104030065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN RESILIENSI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SULTHONI PLOSOKUNING)
18104030065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya dua dari empat belas anak kelompok B1 di TK Sulthoni Plosokuning yang kemampuan resiliensinya kurang berkembang secara maksimal. Dalam hal ini, anak masih belum percaya pada kemampuan yang ia miliki. Seperti, saat guru memberikan tugas-tugas dari kegiatan pembelajaran anak merasa tidak percaya pada kemampuannya. Dimana anak berkata tidak bisa mengerjakan tugas kegiatan sebelum mencobanya terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan pada saat pandemi kegiatan aktivitas belajar anak seringkali dikerjakan oleh orang tuanya yang seharusnya dikerjakan oleh anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) peran orang tua dalam mengembangkan resiliensi pada anak usia 5-6 tahun di TK Sulthoni Plosokuning; (2) faktor penghambat dan pendukung peran orang tua dalam mengembangkan resiliensi pada anak usia 5-6 tahun di TK Sulthoni Plosokuning. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Juni 2022 yang bertempat di TK Sulthoni Plosokuning pada anak kelompok B1. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelompok B1, serta tujuh wali murid kelompok B1 di TK Sulthoni Plosokuning. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) Orang tua berperan sebagai pendidik, teman, motivator, konselor, dan panutan (2) faktor penghambat seperti, keadaan mood anak, kesibukan orang tua, dan kurangnya pemahaman orang tua. Sedangkan faktor pendukungnya seperti, ketersediaan waktu bersama serta adanya kerjasama yang baik antara kedua orang tua.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya dua dari empat belas anak kelompok B1 di TK Sulthoni Plosokuning yang kemampuan resiliensinya kurang berkembang secara maksimal. Dalam hal ini, anak masih belum percaya pada kemampuan yang ia miliki. Seperti, saat guru memberikan tugas-tugas dari kegiatan pembelajaran anak merasa tidak percaya pada kemampuannya. Dimana anak berkata tidak bisa mengerjakan tugas kegiatan sebelum mencobanya terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan pada saat pandemi kegiatan aktivitas belajar anak seringkali dikerjakan oleh orang tuanya yang seharusnya dikerjakan oleh anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) peran orang tua dalam mengembangkan resiliensi pada anak usia 5-6 tahun di TK Sulthoni Plosokuning; (2) faktor penghambat dan pendukung peran orang tua dalam mengembangkan resiliensi pada anak usia 5-6 tahun di TK Sulthoni Plosokuning. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Juni 2022 yang bertempat di TK Sulthoni Plosokuning pada anak kelompok B1. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelompok B1, serta tujuh wali murid kelompok B1 di TK Sulthoni Plosokuning. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) Orang tua berperan sebagai pendidik, teman, motivator, konselor, dan panutan (2) faktor penghambat seperti, keadaan mood anak, kesibukan orang tua, dan kurangnya pemahaman orang tua. Sedangkan faktor pendukungnya seperti, ketersediaan waktu bersama serta adanya kerjasama yang baik antara kedua orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Pengembangan Resiliensi , Anak Usia Dini.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2023 10:55
Last Modified: 10 Oct 2023 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum