PENGARUH METODE QIRO’ATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA

Nilam Cahyati, NIM.: 19104010003 (2023) PENGARUH METODE QIRO’ATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE QIRO’ATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA)
19104010003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE QIRO’ATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN YOGYAKARTA)
19104010003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Metode qiro’ati adalah suatu metode membaca al-Qur’an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah tajwid. Dalam pengajarannya, metode qiro’ati , guru tidak perlu memberi tuntunan membaca, namun langsung saja dengan bacaan pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan metode qiro’ati di MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta, (2) mengetahui tingkat penggunan metode qiro’ati dapat memprediksi kemampuan membaca al-qur’an peserta didik di MI Sultan Agung Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode mixed methods. Jenis penelitian berdasarkan metode yang digunakan oleh dalam hal ini adalah penelitian lapangan (field research). Sampel dalam penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas 3 dan kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analsis korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dengan metode qiro’ati, Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode qiro’ati ini merupakan kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler di MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta yang diperuntukkan untuk peserta didik kelas dua sampai kelas empat. Pembelajaran ini dilaksanakan setiap hari kecuali hari kamis dengan materi membaca buku qiro’ati yang di dalamnya berisi tentang potonganpotongan ayat al-Qur’an. (2) tingkat penggunan metode qiro’ati dapat memprediksi kemampuan membaca al-qur’an peserta didik di MI Sultan Agung Yogyakarta , berdasarkan uji regresi diketahui nilai F Hitung = 38,245 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpukan bahwa ada pengaruh terhadap variabel metode qiro’ati (X) terhadap variabel kemampuan membaca al-Qur’an (Y). Kuatnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y diperoleh determinasi (R square) sebesar 0,443, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel metode qiro’ati (X) terhadap variabel kemampuan membaca al-Qur’an (Y) sebesar 44,3 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Qiro’ati, Kemampuan Membaca, Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2023 13:24
Last Modified: 10 Oct 2023 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum