PENGEMBANGAN MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI ALAT ASESMEN MATERI IPAS SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN

Fatiya Sakinah, NIM.: 19104080002 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI ALAT ASESMEN MATERI IPAS SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI ALAT ASESMEN MATERI IPAS SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN)
19104080002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA QUIZIZZ SEBAGAI ALAT ASESMEN MATERI IPAS SISWA KELAS IV SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN)
19104080002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini mengenai hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan media quizizz dalam materi IPAS. Materi IPAS merupakan sebuah mata pelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka. Dimana, mata pelajaran IPAS adalah sebuah mata pelajaran dari Ilmu Pendidikan Alam dan Sosial. Tujuan dari penelitian ini, yakni: (1) untuk mengetahui implementasi media quizizz siswa kelas IV SDIT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan. (2) untuk mengetahui kelayakan media quizizz siswa kelas IV SDIT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan berdasarkan penilaian validator media dan ahli materi. Jenis dari penelitian yang digunakan yaitu dengan metode Research and Development (RnD). Prosedur dalam pengembangan media pembelajaran ini memiliki 5 (lima) tahapan, yakni tahapan analisis (Analyze), tahapan perancangan (Design), tahapan pengembangan (Development), tahapan penerapan (Implementation), dan tahapan evaluasi (Evaluation). Instrumen dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar skala penilaian. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi lalu dinilai oleh guru kelas IV, dan direspon oleh 24 siswa kelas IV SDIT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan. Hasil penelitian menujukkan beberapa hasil, yakni (1) media pembelajaran berupa quizizz telah berhasil diimplementasikan kepada siswa kelas IV SDIT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan. Media quizizz yang dikembangkan menggunakan fitur “mode kertas” dalam pengimplementasiannya. Implementasi media quizizz yang dikembangkan menggunakan materi IPAS. (2) berdasarkan ahli media pembelajaran mendapatkan penilaian dengan skor 60 dengan hasil presentase 83,3%. Maka dari itu kategori penilaian sangat valid (bisa digunakan tanpa revisi). Kemudian, dari ahli materi 1 (satu) mendapatkan skor 15 dengan persentase 75% dengn kategori penilaian cukup baik. Untuk ahli materi 2 (dua) mendapatkan skor 17 dengan persentase 85% dengan kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Alat Asesmen, Hasil Belajar Kognitif, Media Quizizz, Pengembangan.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Oct 2023 16:56
Last Modified: 11 Oct 2023 16:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum