PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV MI AL-MUHSIN 1 TAHUN AJARAN 2022/2023

Winda Nur Febrianti, NIM.: 19104080028 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV MI AL-MUHSIN 1 TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV MI AL-MUHSIN 1 TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104080028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV MI AL-MUHSIN 1 TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104080028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Al-Muhsin 1 tahun ajaran 2022/2023. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif Pre-Eksperimental Design. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Postest, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al-Muhsin 1 yang berjumlah 26 siswa (13 perempuan dan 13 laki-laki). Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket motivasi belajar dan teknik tes soal IPA. Sebelum diberi perlakuan atau treatment, siswa diberi pretest dan setelah dilakukan treatment akan diuji lagi dengan postest. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan sebelum dilakukan perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Kelas yang digunakan akan diberi perlakuan dengan model Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Manova yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA setelah diberikan perlakuan. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ini dianggap efektif karena membuat siswa berlatih dalam memecahkan masalah yang ada sesuai dengan kehidupan nyata yang diselesaikan secara sistematis, sehingga siswa dapat menyatakan ide-ide kreatif dan inovatif. Berdasarkan hasil uji manova untuk angket motivasi dan hasil posttest diperoleh nilai Sig. sebesar 0.000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Al-Muhsin 1 tahun ajaran 2022/2023. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Izzatin Kamala, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Motivasi, dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Oct 2023 16:57
Last Modified: 11 Oct 2023 16:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61097

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum