KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BTAQ (BACA TULIS AL-QUR’AN) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL ISLAM TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ahmad Haiban Itqon, NIM.: 19104010010 (2023) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BTAQ (BACA TULIS AL-QUR’AN) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL ISLAM TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BTAQ (BACA TULIS AL-QUR’AN) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL ISLAM TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BTAQ (BACA TULIS AL-QUR’AN) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL ISLAM TEMPEL TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Islam Tempel merupakan sebuah madrasah yang membangun karakter dan akhlakul karimah pada seluruh peserta didik. Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-islam Tempel memiliki program yaitu ekstrakurikuler BTAQ (baca tulis al-Qur’an) yang mana tujuan dari program tersebut adalah untuk mendidik dan memberikan pengetahuan kepada peserta didik mengenai pentingnya mengenal al-Qur’an sejak dini. Selama Observasi yang peneliti lakukan selama kurang lebih tiga bulan pelaksanaan PLP-KKN, masih ada peserta didik yang kurang dalam hal baca tulis al-Qur’an. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler BTAQ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an bagi siswa kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Islam Tempel. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan atau Field Research dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dan metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan penelitian yaitu kepala madrasah, guru, dan peserta didik kelas 3. Adapun untuk analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Uji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode analisis datanya tersusun atas 3 bagian, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kegiatan ekstrakurikuler BTAQ di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Islam Tempel sudah dimulai sejak dari awal madrasah ini didirikan. Kegiatan ekstrakurikuler BTAQ ini dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar atau setelah jam pelajaran selesai, tepatnya setelah para peserta didik melakukan sholat dzuhur berjamaah. Kegiatan ekstrakurikuler BTAQ dilaksanakan pada setiap kelas mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan masing-masing kelas di ajar oleh masing-masing guru kelas masing-masing. 2) implikasi dari kegiatan ekstrakurikuler BTAQ (baca tulis al-Qur’an) dalam meningkatkan baca tulis al-Qur’an siswa kelas 3 adalah siswa memiliki kemampuan membaca dan menulis al-Qur'an siswa menjadi baik, kelancaran siswa dalam membaca al-Qur’an, ketepatan siswa dalam menulis ayat-ayat al-Qur’an dan pengasaan tajwid siswa menjadi baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler, Baca Tulis Al-Qur’an, Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:24
Last Modified: 11 Oct 2023 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum