PENGARUH PENERAPAN METODE INFORMATION SEARCH TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS IV SD NEGERI CATURTUNGGAL 3 DEPOK SLEMAN

Delvian Mardhaniansyah, NIM.: 19104010014 (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE INFORMATION SEARCH TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS IV SD NEGERI CATURTUNGGAL 3 DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE INFORMATION SEARCH TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS IV SD NEGERI CATURTUNGGAL 3 DEPOK SLEMAN)
19104010014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE INFORMATION SEARCH TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS IV SD NEGERI CATURTUNGGAL 3 DEPOK SLEMAN)
19104010014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terdapat 11 (47,8 %) siswa kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3 Depok Sleman yang belum berpartisipasi secara optimal selama proses pembelajaran PAI, sehingga pembelajaran pun berjalan dengan kurang efektif. Beberapa peserta didik melakukan aktivitas yang tidak mendukung kegiatan pembelajaran seperti mencoret-coret meja, keluar dari tempat duduk bahkan keluar kelas tanpa izin dari pendidik, saling mengobrol mengenai bahasan di luar pembelajaran, cuek atau kurang memperhatikan penjelasan/perintah dari pendidik, serta suasana kelas yang terlalu ribut. Maka diperlukan inovasi dalam menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI. Salah satu metode pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa adalah metode mencari dan menemukan jawaban atau lebih dikenal dengan metode Information Search. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh penerapan metode information search terhadap partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen yaitu pre-eksperimental designs jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket partisipasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3 Depok Sleman berjumlah 23 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji t dan uji N-Gain. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan penerapan metode information search terhadap partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3 Depok Sleman (t = -11.921, p = 0,00 (0,00 < 0,025, artinya sangat signifikan), N = 23). Dengan demikian, H0 = ditolak dan Ha = diterima. Analisis lebih lanjut dengan melakukan Uji Efektivitas menggunakan N-Gain, diperoleh rata-rata Gain Persennya adalah 47.89 %, sehingga secara umum berada dalam kategori kurang efektif. Namun bila ditinjau kembali skor N-Gain setiap siswa, efektivitas terlihat dengan terdapat 6 (26 %) siswa yang masuk kategori cukup efektif, dan terdapat 2 (9 %) siswa yang masuk kategori efektif. Dan berdasarkan skor rata-rata yang diperoleh dari hasil post-test yaitu sebesar 61.83, maka partisipasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., MA.
Uncontrolled Keywords: Metode Information Search, Partisipasi Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:28
Last Modified: 11 Oct 2023 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum