PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH PENGGERAK SMP IT MASJID SYUHADA TAHUN AJARAN 2022/2023

Ardita Fatimah Maharani, NIM.: 19104010020 (2023) PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH PENGGERAK SMP IT MASJID SYUHADA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH PENGGERAK SMP IT MASJID SYUHADA TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH PENGGERAK SMP IT MASJID SYUHADA TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan kurikulum menuntut sekolah menerapkan berbagai program baru yang sesuai dengan tantangan masa depan salah satunya adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Bertitik tolak dari hal tersebut, salah satu hal yang dititikberatkan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah agar bagaimana karakter pelajar Indonesia sesuai dengan nilai-nilai karakter Pelajar Pancasila, salah satunya adalah karakter religius. Melihat berbagai persoalan karakter religius siswa yang di SMP IT Masjid Syuhada maka penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan implikasinya terhadap karakter religius di SMP IT Masjid Syuhada. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan berbagai teknik pengumpulan data, termasuk wawancara dengan guru dan siswa, observasi di lingkungan sekolah, dan analisis dokumen terkait program penguatan profil Pelajar Pancasila yang telah dilaksanakan. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengidentifikasi temuan yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Masjid Syuhada dilaksanakan dalam bentuk kegiatan kokurikuler berupa pelatihan, diskusi, pengabdian masyarakat, dan gelar karya. Kegiatan tersebut terangkum dalam tiga tema besar yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, dan Kewirausahaan. Dalam setiap kegiatan, SMP IT Masjid Syuhada berupaya mengintegrasikan karakter Pelajar Pancasila, salah satunya Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME. Melalui metode keteladanan dan pengawasan, Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu peserta didik mencapai tujuan proyek yaitu membentuk generasi berkarakter sesuai dengan karakter Pancasila. Proyek ini tidak fokus pada aspek keagamaan yang khas, tetapi mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kegiatan sosial dan praktis. Para siswa belajar untuk menjalankan nilai-nilai agama dalam tindakan nyata, memperoleh pengalaman yang dapat membentuk karakter religius yang lebih holistik, terintegrasi, dan berbasis pada tanggung jawab sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Religius, Sekolah Penggerak.
Subjects: Pancasila
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:30
Last Modified: 11 Oct 2023 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum