HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL INSTAGRAM MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2019 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Nila Afnilul Lisa, NIM.: 19104010031 (2023) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL INSTAGRAM MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2019 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL INSTAGRAM MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2019 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
19104010031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL INSTAGRAM MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2019 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
19104010031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kasus pelanggaran etika bermedia sosial yang menjerat mahasiswa yang berada di lingkungan pendidikan Islam. Diawali dari kasus mahasiswa Prodi PAI yang digadang sebagai calon pendidik agama Islam, melakukan pelanggaran etika bermedia sosial dengan mengunggah aksi kekerasan yang dilakukannya di media sosial miliknya. Kasus mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah yang melakukan ujaran kebencian melalui status yang diunggah di media sosial. Disusul kasus mahasiswa UMM yang mengolok-olok kampus UMM dengan kata-kata yang tidak pantas yang diunggahnya di media sosial. Salah satu faktor yang mempengaruhi etika seseorang yakni religiusitasnya. Sehingga dalam hal ini peneliti menduga bahwasannya pelanggaran etika bermedia sosial sebagaimana kasus tersebut dapat disebabkan oleh kondisi religiusitas yang kurang baik atau pemahaman terhadap agama yang kurang menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat etika bermedia sosial mahasiswa PAI angkatan 2019 UIN Sunan Kalijaga, untuk mengetahui tingkat religiusitas mahasiswa PAI angkatan 2019 UIN Sunan Kalijaga dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara religiusitas dengan etika bermedia sosial mahasiswa PAI angkatan 2019 UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasi Product Moment. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yakni skala religiusitas dan skala etika bermedia sosial instagram. Populasi penelitian yakni berjumlah 136 mahasiswa, kemudian diambil sampel dengan rumus Issac Michael menggunakan signifikansi 0,5 dan jumlah minimal sampel yang harus terpenuhi yakni 100, dalam hal ini diperoleh 102 responden. Hasil dari penelitian ini yakni : 1) tingkat etika bermedia sosial instagram mahasiswa Prodi PAI angkatan 2019 tergolong sangat baik. 2) Tingkat religiusitas mahasiswa Prodi PAI angkatan 2019 juga tergolong sangat baik. 3) Terdapat Hubungan yang sangat kuat dan positif antara religiusitas dan etika bermedia sosial instagram mahasiswa Prodi PAI angkatan 2019 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ditunjukkan dengan nilai 0,817 yang berarti sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M. A.
Uncontrolled Keywords: Bermedia Sosial Instagram, Religiusitas, Mahasiswa Program Studi PAI
Subjects: Akhlak - Etika
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:39
Last Modified: 11 Oct 2023 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum