WORDWALL DALAM MEMBANGUN MINAT BELAJAR FIKIH DI MI AL FAJAR PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Nur Istiqomah, NIM.: 19104010033 (2023) WORDWALL DALAM MEMBANGUN MINAT BELAJAR FIKIH DI MI AL FAJAR PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (WORDWALL DALAM MEMBANGUN MINAT BELAJAR FIKIH DI MI AL FAJAR PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (WORDWALL DALAM MEMBANGUN MINAT BELAJAR FIKIH DI MI AL FAJAR PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelajaran Fikih bertanggung jawab dalam memberikan pengetahuan mengenai hukum-hukum agama Islam supaya peserta didik dapat menjalankan Ibadah dan muamalah sesuai dengan syariat. Melihat itu, hadirnya minat belajar Fikih sangat penting dalam diri peserta didik. Namun, adanya faktor internal dan ekternal seperti pembelajaran yang monoton, fokus siswa yang terganggu, dan sikap teman sebaya dapat membuat hilangnya minat peserta didik dalam belajar Fikih. Hal itu dapat menghambat proses pembelajaran Fikih di sekolah. Oleh karena itu, perlu bagi Guru Fikih memanfaatkan media yang menarik untuk menumbuhkan minat siswa dalam belajar Fikih. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana wordwall mampu membangun minat siswa dalam belajar Fikih dengan mendeskripsikan penggunaan wordwall dan minat siswa dalam pembelajaran Fikih. Penelitian ini dilakukan di Kelas V MI Al Fajar Pringsewu tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengambilan data melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan wordwall dalam pembelajaran Fikih dapat membangun minat belajar peserta didik. Hal ini dikarenakan wordwall merupakan media interaktif berbasis game edukatif yang sesuai dengan minat peserta didik di kelas V MI Al Fajar Pringsewu. Wordwall dapat digunakan sebagai instrument kegiatan evaluasi pembelajaran yang menarik dan mudah. Selain itu, penggunaan wordwall dalam evaluasi pembelajaran Fikih peserta didik tidak perlu menyiapkan dan menjawab pertanyaan diatas kertas. Guru Fikih menyajikan soal-soal evaluasi dalam permainan wordwall yang memiliki fitur-fitur menarik. Fitur-fitur tersebut seperti penggunaan templat yang interaktif dan pemilihan tema dan opsi yang menarik. Templat interaktif berupa maze chase yang diterapkan Guru Fikih dapat menampilkan tema dan opsi menarik seperti ilustrasi berupa gambar, suara, dan pergerakan. Sehingga selama pembelajaran fikih menggunakan wordwall mampu menghadirkan rasa senang, tertarik, fokus, dan keterlibatan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fikih, Penggunaan Wordwall, Minat Belajar Fikih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Hukum Islam > Fiqih
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:42
Last Modified: 11 Oct 2023 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61108

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum