PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS V DI SDN TANJUNGTIRTO 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Alisa Qothrunnada Munawaroh, NIM.: 19104010039 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS V DI SDN TANJUNGTIRTO 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS V DI SDN TANJUNGTIRTO 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS V DI SDN TANJUNGTIRTO 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas belajar peserta didik di kelas banyak ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar yang ditentukan oleh seberapa upaya seorang guru dalam mengelola kelasnya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI kelas V dan berapa besar sumbangan pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI kelas V di SDN Tanjungtirto 2 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Bentuk desain penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan jenis one group desain pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dan guru PAI di SDN Tanjungtirto 2 Sleman. Teknik dan instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi tidak terstruktur, wawancara terstruktur dan angket/kuesioner. Hasil peneltian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh antara penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI. Hal tersebut berdasarkan hasil uji regresi sederhana yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,963 > 1,713 dengan nilai P =0,000 < 0,05. Demikian Ho ditolak dan hipotesis penelitian ho diterima, (2) Besar sumbangan pengaruhnya sebesar 50,7 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:50
Last Modified: 11 Oct 2023 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum