PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NEGERI 5 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023

Anis Nurazizah Irawati, NIM.: 19104010072 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NEGERI 5 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NEGERI 5 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NEGERI 5 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Saat pembelajaran, siswa di MTs Negeri 5 Boyolali berdasarkan observasi dan wawancara dari guru fikih terungkap beberapa siswa yang masih terpaku dengan gadgetnya masing-masing ketika guru menjelaskan materi. Kondisi siswa di kelas VIII E yang berjumlah 32 siswa, sebagian dari siswanya yang kurang aktif dalam proses belajar di kelas. Dalam proses pembelajaran siswa hanya menerima penjelasan guru tanpa adanya komunikasi yang terjadi antar siswa dalam diskusi kelompok. Oleh karenanya dalam rangka memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran fikih menggunakan strategi small group discussion diharapakan mampu mengembangkan keterampilan komunikasi siswa tersebut sehingga siswa berperan aktif dalam pembelajaran di kelas. Penelitian bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan strategi small group discussion terhadap keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran Fikih di MTs Negeri 5 Boyolali. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII E yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, angket, dan teknik dokumentasi. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analistik statistik yaitu uji paired sampel t-test dengan bantuan SPSS 24 yang bertaraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian ini adalah Keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 5 Boyolali memiliki kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai keterampilan komunikasi siswa saat sebelum dan sesudah menggunakan strategi small group discussion 79,41 menjadi 87, 88. Kemudian dari hasil Uji Paired Sample T-Test terdapat pengaruh positif yang signifikan ditandai dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, itu artinya terdapat pengaruh positif pelaksanaan strategi small group discussion terhadap keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII E di MTs Negeri 5 Boyolali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Small Group Discussion, Keterampilan Komunikasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 10:21
Last Modified: 11 Oct 2023 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum