STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS V B MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA

Lutfi Fauziah, NIM.: 19104010102 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS V B MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS V B MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA)
19104010102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS V B MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA)
19104010102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sebuah fenomena bahwa dalam proses belajar mengajar di madrasah masih dijumpai peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, terlebih pada kesulitan belajar membaca Al-Qur’an. Diantara kesulitan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an yaitu banyak ayat-ayat panjang yang sulit dibaca, kurang atau tidak lancar, dan tidak fasih dalam membaca Al-Qur’an. Kesulitan itu disebabkan karena ilmu tajwid belum sepenuhnya diajarkan pada level dasar, terkadang peserta didik hanya menghafal melalui bimbingan para guru. Jika kesulitan-kesulitan yang ada tidak diatasi dengan seksama maka akan mempengaruhi pada keberhasilan belajar peserta didik. Oleh karena itu, berbagai pihak yang bersangkutan berusaha mengatasinya guna tercapainya tujuan pendidikan yang seoptimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an beserta faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi guru dalam melakukan strategi tersebut. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : 1) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an peserta didik di MIN 2 Bantul Yogyakarta adalah dengan memberikan pembelajaran tambahan kepada peserta didik berupa pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ). 2) Faktor penghambat strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an peserta didik adalah guru kurang bersemangat saat mengajar, guru kurang menguasai dalam pengondisian kelas, orang tua yang belum ada waktu untuk mengajari peserta didik membaca Al-Qur’an, peserta didik kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, pembelajaran masih kurang efektif karena masih kurangnya guru yang mengajar, jam pembelajaran masih terbatas, serta dana madrasah untuk ekstra itu masih terbatas. 3) Faktor pendkung strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an peserta didik adalah kesadaran guru terhadap pentingnya pemebelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ), dukungan serta kontribusi orang tua untuk membantu kelancaran pembelajaran, semangat, antusias, dan keinginan peserta didik untuk bisa membaca Al-Qur’an, serta MIN 2 Bantul merupakan madrasah tahfizh oleh karena itu lulusan MIN 2 Bantul harus sudah bisa membaca Al-Qur’an dan hafal juz 30.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Belajar Membaca Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 14:26
Last Modified: 11 Oct 2023 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum